Sport

Murilo Mendes Cetak Gol Perdana, Barito Putera Tahan Persebaya di GBT

Diwarnai gol debut Murilo Mendes, Barito Putera menahan Persebaya Surabaya dengan skor 1-1 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Sabtu (8/7) sore.

Featured-Image
Murilo Mendes mencetak gol perdana untuk Barito Putera dalam pertandingan melawan Persebaya Surabaya, Sabtu (8/7). Foto: Barito Putera Official

bakabar.com, SURABAYA - Diwarnai gol perdana Murilo Mendes, Barito Putera menahan Persebaya Surabaya dengan skor 1-1 dalam lanjutan Liga 1 musim 2022/2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Sabtu (8/7) sore.

Persebaya tampil lebih menekan dibandingkan Barito Putera sejak menit awal. Namun demikian, tak banyak peluang yang dapat dikreasikan tuan rumah.

Sementara Barito Putera bermain lebih sabar. Mereka tak sungkan mengembalikan bola ke garis pertahanan, ketika lawan melakukan transisi cepat dari menyerang ke bertahan.

Salah satu kans terbaik Persebaya dibukukan di menit 22. Dalam kawalan tiga pemain, Bruno Moreira dapat mengontrol umpan dari sayap kiri.

Namun Bruno gagal melepaskan tembakan dari jarak dekat, karena bola lebih dulu disambar kiper Ega Rizky Pramana.

Dalam tekanan tuan rumah, Barito Putera justru mampu mencetak gol di menit 28 melalui tendangan placing Murilo Mendes.

Gol diawali umpan Mike Ott dari tengah. Murillo berhasil menguasai bola, lalu mengecoh Arief Catur Prasetya, sebelum melepas sepakan terarah dari kiri kotak penalti.

Sekitar 3 menit kemudian, Murilo Mendes kembali mengancam ketika berhasil menusuk ke kotak penalti Persebaya. Namun sepakan Murilo dari sudut sempat, masih dapat diblok kiper Ernando Ari.

Semenit sebelum turun minum, Persebaya bisa menyamakan kedudukan. Menerima umpan dari garis pertahanan, Bruno Moreira lolos sendirian ke sepertiga akhir Barito.

Ditambah kegagalan tekel yang dilakukan Bagas Kaffa, Bruno berlari ke kiri arah depan kotak penalti, lalu melepas tembakan akurat ke sudut kanan gawang.

Baca Juga: Jelang Persebaya vs Barito Putera, Menunggu Aksi Makan Konate

Baca Juga: Bersiap Melawat ke Kandang Persebaya, Barito Putera Dilarang Kendor

Mengawali babak kedua, Persebaya menambah jumlah penyerang dengan memasukkan Paulo Victor yang menggantikan Wildan Ramdhani.

Sama seperti babak pertama, Persebaya tidak menurunkan tensi permainan. Melalui umpan-umpan satu dua, mereka berusaha membongkar pertahanan Barito Putera yang semakin rapat.

Memasuki menit 55, Persebaya mengeklaim penalti setelah Sung Ui-young tampak ditarik Bagas Kaffa. Namun wasit mengabaikan dan pertandingan pun dilanjutkan.

Persebaya mendapat kans berbalik unggul di menit 70, setelah Paulo Victor mengontrol bola liar di kotak penalti. Namun upaya penyerang pengganti ini kemudian berbuah pelanggaran kepada Ega Rizky.

Berusaha menyegarkan lini tengah maupun depan, Barito Putera akhirnya menurunkan Makan Konate dan Bagus Kahfi di menit 71.

Bagus langsung memberi ancaman di menit 77 melalui sepakan jarak jauh. Tidak terjadi gol, setelah Ernando Ari terbang untuk menepis si kulit bundar.

Semenit sebelum injury time babak kedua, Murilo Mendes membuang kesempatan mencetak gol kedua. Sepakan menyusur tanah yang dilepaskan dari luar kotak 16, masih dapat ditangkap Ernando Ari.

Kemudian selama 6 menit waktu tambahan, Persebaya terus menekan Barito. Akan tetapi tidak terjadi gol tambahan hingga pertandingan berakhir.

Hasil imbang tersebut langsung mempengaruhi posisi kedua klub di klasemen sementara.

Barito Putera lengser ke peringkat kedua dengan poin 4, karena digeser Dewa United yang mengalahkan PSM Makassar dengan skor 1-2. Sedangkan Persebaya yang sebelumnya bercokol di peringkat kedua, harus puas melorot ke peringkat ketiga.

Editor


Komentar
Banner
Banner