Siklus Menstruasi

Minuman Dingin Harus Dihindari saat Menstruasi, Mitos atau Fakta?

Sebagain orang meyakini jika minum air dingin saat menstruasi dapat menghambat dan mengubah siklusnya.

Featured-Image
Minum air es saat menstruasi (Foto: dok. TheAsianParent)

bakabar.com, JAKARTA - Sebagain orang meyakini jika minum air dingin saat menstruasi dapat menghambat siklusnya. Anggapan tersebut menimbulkan beragam reaksi di kalangan masyarakat, khususnya wanita.

Ternyata, tidak ada bukti konkret yang berkaitan antara minum air dingin dengan menstruasi.

Hingga saat inipun belum ada riset yang mengatakan bahwa minum air dingin berdampak buruk bagi siklus menstruasi.

Siklus menstruasi pada wanita diatur oleh berbagai hormon seperti estrogen,progesteron, LH (Luteinizing Hormone), FSH (Folicle Stimulating Hormone), dan GnRH (Gonadotropin Relasing Hormone).

Keseimbangan pada hormon-hormon tersebut yang mempengaruhi kondisi fisik dan mental.

Faktor Pengganggu Keseimbangan Hormon

Menstruasi yang tidak teratur terjadi karena adanya ketidakseimbangan pada hormon tersebut dan adanya faktor lain seperti, kelelahan, kurangnya berolahraga, minim mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, tidur yang kurang , begadang, dan stres yang berlebih.

Air es memang dapat merangsang penyempitan pembuluh darah sehingga mengurangi pendarahan.

Namun, ini hanya berlaku untuk pemakaian luar seperti menggunakan kompres air dingin dan tidak berlaku untuk pendarahan saat haid.

Sebab darah menstruasi bukanlah darah yang terjadi akibat adanya luka di dalam tubuh, melainkan karena terjadi luruhnya lapisan dinding rahim.

Hal lain yang menjelaskan bahwa air dingin tidak ada kaitannya dengan menstruasi adalah pendarahan menstruasi tidak dipengaruhi oleh suhu air yang diminum.

Karena ketika air masuk ke dalam tubuh, suhunya akan berubah menyesuaikan dengan suhu tubuh.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa minum air es akan mengganggu menstruasi adalah mitos.

Dari pada menghindari air es yang merupakan mitos, justru sebaiknya Anda menghindari beberapa minuman berikut yang sudah terbukti secara ilmiah dapat mengganggu kelancaran haid, berikut contohnya:

1. Kopi

Penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, menjelaskan bahwa minum kopi dapat menyebabkan nyeri haid semakin parah.

2. Minuman bersoda

Ada anggapan bahwa minum soda dapat memperlancar haid. Nah, justru sebenarnya soda tidak disarankan diminum saat haid karena dapat menyebabkan gangguan kesuburan pada wanita.

3. Alkohol

Selain minuman bersoda, ternyata mengkonsumsi Alkohol juga dapat mengganggu kesuburan, hal ini sudah di teliti oleh jurnal Epidemiology. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menghindari untuk mengkonsumsi Alkohol saat haid.

Itulah beberapa informasi terkait hal apa saja yang dapat mempengaruhi kelancaran siklus bulanan wanita. Semoga ulasan ini bermanfaat, ya.

Editor


Komentar
Banner
Banner