Hot Borneo

Minimalkan Potensi Banjir di Banjarbaru, Dinas PUPR Bangun Embung Lagi

Pemkot melalui Dinas PUPR Banjarbaru kembali akan membangun embung di kawasan Cempaka.

Featured-Image
Kabid SDA PUPR Banjarbaru, Subrianto. Foto-apahabar.com/Hasan

bakabar.com,BANJARBARU - Pemkot melalui Dinas PUPR Banjarbaru akan kembali membangun embung di kawasan Cempaka. Anggaran APBD sebesar Rp4,6 miliar sudah dialokasikan untuk pembangunan tersebut. 

Di kawasan Cempaka sebenarnya sudah ada dua embung yakni Embung Graha Citra Megah dan Embung Cempaka.

"Tapi kali ini embung akan dibangun di Gunung Kupang," kata Kabid SDA pada Dinas PUPR Banjarbaru, Subrianto, Jumat (24/2).

Baca Juga: Banjarbaru Siaga Bencana, Wali Kota Instruksikan Penyaluran Beras untuk Masyarakat

Subri menyebut proyek tersebut sudah masuk tahap lelang dan akan dieksekusi di akhir bulan ini. Letak embung ini berada di ujung Sungai Kiranji, Gunung Kupang, dengan luas tiga hektare.

Dia menyampaikan embung ini dibangun untuk mengurangi dampak banjir. "Reduksi banjir yang bisa didapat dari embung sekitar 25 persen," katanya.

Baca Juga: ASN di Kalsel Bisa Miliki Rumah Subsidi Tanpa DP

Diketahui, dua hari lalu, sejumlah kawasan di Kota Idaman diterjang banjir. Seperti Landasan Ulin, Banjarbaru Selatan dan Cempaka.

Dari tiga kecamatan itu, Gang Keluarga, Banjarbaru Selatan, terdampak paling parah. Di sana, ada seribu lebih jiwa yang terdampak. Ketinggian airnya mencapai seleher orang dewasa.

Sempat ada bayi dan ibunya yang terjebak di dalam rumah saat banjir datang. Untungnya keduanya berhasil dievakuasi menggunakan perahu portable. 

"Ibu dan bayi itu terjebak di dalam rumah dan tak bisa keluar lantaran air di luar sangat deras," kata Kepala BPBD Banjarbaru, Zaini Syahranie.

Editor


Komentar
Banner
Banner