Sport

Minim Peluang, Barito Putera Digasak Persik Kediri

Nyaris tanpa peluang sepanjang 90 menit, Barito Putera digasak Persik Kediri dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Brawijaya Kediri, Sabtu (4/3) sore.

Featured-Image
Barito Putera menderita kekalahan 0-2 ketika dijamu Persik Kediri di Stadion Brawijaya, Sabtu (4/3). Foto: Barito Putera Official

bakabar.com, KEDIRI - Nyaris tanpa peluang sepanjang 90 menit, Barito Putera digasak Persik Kediri dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Brawijaya Kediri, Sabtu (4/3) sore.

Menit-menit awal pertandingan berlangsung dalam tempo cepat. Persik menggebrak lebih dulu melalui akselerasi Yusuf Meilana, setelah melewati tiga pemain.

Namun setibanya di kotak 16, penyelesaian akhir Yusuf masih mampu diantisipasi kiper Yoewanto Satya Beny.

Lalu di menit 5, Flavio Silva juga membuang peluang bagus lain, seusai menerima umpan lambung. Akan tetapi sontekan Flavio juga melambung.

Kemudian di menit 8, giliran Ferinando Pahabol yang berhasil menjemput umpan terobosan. Hanya Pahabol memilih langsung menembak dibanding mengumpan ke depan gawang.

Akhirnya di menit 15, Persik Kediri menuai hasil positif. Diawali sepak pojok yang diambil Renan Silva, bola disundul masuk oleh Al Hamra Hehanusa.

Memasuki separuh babak pertama, Barito Putera masih kesulitan melepaskan diri dari pressing lawan. Tak satu pun shot on target yang dibukukan.

Sebaliknya Persik Kediri terlihat lebih mudah mengalirkan bola di lapangan tengah, karena Barito memilih menggunakan low block.

Sepakan ke gawang baru dibukukan Barito di menit 27 melalui tendangan bebas langsung Renan Alves. Namun arah bola dapat diantisipasi kiper Kurniawan Kartika Ajie.

Justru di menit 28, Persik Kediri menggandakan keunggulan melalui sepakan Renan Silva dari luar kotak penalti. Meski dikawal Nazar Nurzaidin, Renan bisa membidik ruang kosong di tiang kanan gawang.

Sulit menembus pertahanan Persik, Barito melakukan pergantian pemain di menit 37. Ferdiansyah masuk menggantikan Yuswanto Aditya, sehingga Aditya Putra Dewa lebih fokus bertahan.

Pergantian itu memang membuat serangan Barito lebih agresif. Namun hingga turun minum, belum diperoleh hasil nyata dari serangkaian serangan yang dikreasikan.

20 detik babak kedua dimulai, Persik memperoleh dua peluang beruntun yang diawali umpan cut back Ferinando Pahabol dari kiri lapangan.

Bola dapat disepak Renan Silve ke gawang, tetapi bisa diblok Satya Beny. Lantas bola rebound yang berupaya disambar Miftahul Hamdi, kembali mampu diamankan kiper.

Kemudian di menit 52, Satya Beny kembali melakukan penyelamatan dengan menyambar bola yang dibawa Flavio Silva hingga kotak 16.

Selanjutnya Persik terus memperoleh peluang, di antaranya melalui Renan Silva, Flavio Silva, Ferinando Pahabol dan pemain pengganti Fitra Ridwan.

Sekitar 10 menit menjelang bubaran, Barito Putera mulai bisa mengendalikan permainan. Akan tetapi tak satupun kesempatan yang membuahkan gol.

Salah satu peluang terbaik Barito Putera dicatatkan di menit 89. Umpan Rizky Rizaldi Pora dari kiri mampu disundul Gustavo Tocantins, tetapi masih sedikit melambung.

Kemudian di injury time dalam set piece tendangan bebas, sepakan first time Ferdiansyah dari dalam kotak penalti, juga sedikit melambung.

Tersisa beberapa detik lagi, Barito Putera kehilangan Muhammad Firly akibat kartu merah. Bek muda ini menarik Muhammad Khanafi yang berlari tak terkawal menuju gawang.

Akibat kekalahan tersebut, turun ke peringkat 17 klasemen sementara Liga 1 musim 2022/2023. Sedangkan Persik menggantikan posisi Barito di urutan 16 dengan 26 poin.

Editor


Komentar
Banner
Banner