Meriahnya Lomba Balap Jukung HUT ke-61 Korem 101/Antasari

Kemeriahan terlihat pada acara lomba balap perahu jukung yang digelar di perairan Sungai Martapura depan Siring 0 Kilometer Banjarmasin, Minggu (4/12).

Featured-Image
Lomba balap jukung digelar untuk memeriahkan HUT ke-61 Korem 101/Antasari. Foto: apahabar.com/Riyad.

bakabar.com, BANJARMASIN - Kemeriahan terlihat pada acara lomba balap perahu jukung yang digelar di perairan Sungai Martapura depan Siring 0 Kilometer Banjarmasin, Minggu (4/12).

Pantauan media ini, lomba balap perahu jukung yang digelar dalam rangka peringatan HUT Korem 101/Antasari itu berhasil menarik perhatian masyarakat.

Komandan Korem (Danrem) 101/Antasari, Brigadir Jend TNI Rudi Puruwito mengatakan, mengadakan lomba balap jukung, karena merupakan tradisi di Kota Banjarmasin umumnya Kalimantan Selatan (Kalsel). 

"Oleh sebab itu, kita laksanakan lomba jukung ini, karena ini tradisi di Kalsel," ungkap Danrem 101/Antasari.

Nampak ratusan pengunjung yang tengah bersantai di kawasan tersebut berhasil terhibur dengan adanya lomba balap perahu jukung.

Lomba balap perahu jukung sendiri diikuti oleh setidaknya 27 tim peserta. Satu tim terdiri dari dua orang. Mereka bertarung sengit untuk mendapatkan hadiah jutaan rupiah yang disediakan oleh panitia.

Meski berjalan sengit, para peserta tetap menjunjung tinggi sportifitasnya, hingga diperoleh 6 tim pemenang yaitu juara 1, juara 2, juara 3, juara harapan 1, juara harapan 2, dan juara harapan 3.

Brigjen TNI Rudi Puruwito mengungkapkan pelaksanaan rangkaian kegiatan dalam rangka hari ulang tahun ke-61 ini dititik beratkan dengan melibatkan masyarakat.

“Siapapun yang ingin ikut lomba ini kami persilakan dengan hadiah yang menarik. Lomba balap jukung ini akan dicari juara 1, juara 2, juara 3, juara harapan 1, juara harapan 2, dan juara harapan 3. Silakan masyarakat untuk mendaftarkan diri dalam rangka meramaikan hari ulang tahun Korem 101/Antasari yang ke-61,” ungkap Danrem. 

“Korem 101/Antasari ini akan sukses apabila didukung oleh rakyat dan Korem 101/Antasari juga akan melaksanakan tugas-tugas yang sifatnya membantu pemerintah daerah dan kepolisian daerah dalam rangka bersama-sama meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi masyarakat dengan batas kemampuan Korem 101/Antasari,” imbuh Danrem.

Nantinya, dalam rangka HUT Korem 101/Antasari ini juga digelar lomba sepeda air, lomba memancing, donor darah dan jiarah serta bedah rumah di 13 Kabupaten/Kota di Kalsel.  

"Kita berharap dengan ulang tahun ke 61 ini, semua kegiatan kita bersama masyarakat. Dan masyarakat kiranya terus mendukung Korem 101/Antasari," tutupnya.

Sementara, Rara, salah satu warga Banjarmasin mengaku biasanya akhir pekan ini hanya menikmati pagi sambil berolah raga. 

Namun, dengan adanya lomba jukung kata dia menjadi daya tarik tersendiri di pagi hari di kawasan Siring Banjarmasin.  

"Ini bisa menambah daya tarik wisata ya, apalagi pasca Pandemi Covid-19 ini," tuturnya. 

Editor


Komentar
Banner
Banner