Kalsel

Meriahkan Hari Guru di Tanbu, apahabar.com Gelar Lomba Menulis Opini

apahabar.com, BANJARMASIN – Mengambil momen hari guru nasional yang jatuh pada 25 November mendatang, apahabar.com menggelar…

Featured-Image
Poster lomba menulis opini. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Mengambil momen hari guru nasional yang jatuh pada 25 November mendatang, bakabar.com menggelar lomba menulis opini.

Dengan tema “Kontribusi Pemimpin Daerah dalam Pembangunan Pendidikan”, lomba menulis ditujukan untuk guru di kabupaten Tanah Bumbu.

“Kita ingin mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan oleh para guru di sini kepada pemimpin daerahnya. Program-program apa misalnya yang efektif untuk memajukan pendidikan,” ucap Ketua panitia, Arif Rachman, Senin (2/11) malam.

Sebagai pendidik profesional, guru berperan penting dalam menggerakkan literasi di daerah. Sementara menurut pengamatan Dosen Bahasa dan Sastra ULM Banjarmasin, Sainul Hermawan, yang pernah datang dan memberikan pelatihan ke Tanah Bumbu, tingkat literasi guru di Bumi Bersujud masih sangat rendah.

“Kita ingin ikut berpartisipasi meningkatkan literasi para guru,” lanjutnya.

Dalam kompetisi ini, Arif memastikan penilaian akan objektif dan didukung juri yang berpengalaman di bidang menulis.

“Proses penilaian tentu dilihat dari tulisan dan ulasan yang menarik, aktual, dengan dengan gaya bahasa yang asyik. Targetnya memang para guru karena terkait kampanye literasi di Tanah Bumbu,” ungkapnya

Terkait persyaratan, peserta lomba menulis opini kali ini ditujukan hanya untuk guru yang berdomisili asli di Tanah Bumbu. Mereka hanya dapat mengirimkan satu artikel yang tidak pernah dimuat di media massa ataupun diikutsertakan dalam perlombaan.

“Panjang tulisan 700-1000 kata dalam format MS Word. Lalu ditulis sesuai pedoman umum ejaan Bahasa Indonesia,” sebut Arif.

bakabar.com juga bekerja sama dengan Majelis Hahahihi dan Kelas Kata dalam pelaksanaan lomba ini.

Ada 8 juara terpilih yang terdiri dari 3 juara umum dan 5 juara favorit yang akan merebutkan total hadiah jutaan rupiah. Untuk mengikuti perlombaan ini, peserta dapat mengirimkan naskah paling lambat pada 15 November ini.

“Penulis terbaik akan diundang ke suatu tempat yang masih dirahasiakan pada 21 November mendatang,” ujarnya.



Komentar
Banner
Banner