Hot Borneo

Meriah, Lomba Panjat Pinang di Air Sungai Teluk Baru Pelaihari

apahabar.com, PELAIHARI – Peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di Kabupaten Tanah Laut, diwarnai berbagai kegiatan…

Featured-Image
Seru lomba panjat pinang dilakukan di air dalam rangka HUT ke-77 kemerdekaan RI. Foto-apahabar.com/Istimewa

bakabar.com, PELAIHARI – Peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di Kabupaten Tanah Laut, diwarnai berbagai kegiatan perlombaan.

Salah satunya perlombaan yang sudah membudaya sejak dahulu kala yakni panjat pinang.

Panjat pinang biasanya dilakukan pada lapangan terbuka, namun berbeda di Teluk Baru, Kelurahan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, warga lebih memilih melangsungkan kegiatan itu di air sungai.

Hal itu dilakukan, lantaran lebih aman bagi peserta kalau terjadi jatuh dan lebih seru menarik ditonton oleh masyarakat.

Dari pantauan media ini, ada dua pohon pinang yang diperlombakan, masing-masing berdiri miring yang telah dilumuri oli.

Dari 30 peserta panjat pinang dibagi beberapa tim. Aturannya setiap tim diberikan waktu, satu lagu dangdut sampai penyanyi menyelesaikan lagunya.

Terlihat peserta bekerja keras menaklukkan pohon pinang yang telah dilumuri dengan oli, ada beberapa tim yang menyerah terlebih dahulu.

Satu pohon pinang diselesaikan oleh tim berikut sebelum waktu lagu habis. Sesampainya di atas mencabut bendera merah putih dan mengibarkannya.

Sontak ratusan para penonton bersorak terdengar riuh membuat suasana tambah meriah.

Ketua Panitia penyelenggara kegiatan HUT ke-77 RI, Udin Anday mengatakan sudah sejak dulu panjat pinang di atas air diadakan setiap hari kemerdekaan Indonesia.

Kegiatan ini diinisiasi oleh warga RT 8A dan RT 8B, menggunakan anggaran kumpulan hingga terselenggaranya lomba panjat pinang.

“Panjat pinang menjadi agenda rutin namun dua tahun tidak diselenggarakan adanya Covid-19,” katanya.

Menurutnya, kawasan sungai di teluk baru biasa digunakan untuk perlombaan panjat pinang, dan setiap Agustus biasanya debit air sungai menyusut.

“Kegiatan perlombaan tahun ini berbeda dengan sebelumnya, melihat antusias warga banyak berdatangan menonton perlombaan panjat pinang,” pungkasnya.

Komentar
Banner
Banner