Hot Borneo

Meresahkan, 2 Kali Sehari Damkar Banjar Terima Laporan Tawon Vespa Bersarang di Atap Rumah

apahabar.com, MARTAPURA – Tawon vespa benar-benar meresahkan warga di Kabupaten Banjar. Bagaimana tidak, sebanyak 2 kali…

Featured-Image
Tim Rescue Dinas Damkar dan Penyelamatan Banjar Posko Sektor Gambut usai melakukan penanganan Tawon Vespa Affinish bersarang di bawah atap rumah warga di dua lokasi berbeda, Senin (30/5). Foto-istimewa.

bakabar.com, MARTAPURA – Tawon vespa benar-benar meresahkan warga di Kabupaten Banjar.

Bagaimana tidak, sebanyak 2 kali dalam sehari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Banjar menerima laporan Tawon Vespa bersarang di atap rumah warga.

Pertama di Desa Tatah Bangkal, Kecamatan Tatah Makmur pada pukul 17:35 Wita. Sedangkan kedua di Gambut pada pukul 20.30 Wita.

“Tim rescue DPKP Posko Sektor Gambut baru selesai melakukan penanganan di Tatah Bangkal. Kemudian menerima lagi laporan serupa di Gambut,” ucap Kasi Damkar Penyelamatan dan Evakuasi DPKP Banjar, Gusti Yudhi.

Ia mengatakan tawon yang bersarang jenis Vespa Affinish. Warnanya didominasi hitam dengan gelang kuning di bagian perut.

Tawon jenis ini dikenal dapat mematikan manusia jika tidak segera ditangani.

“Alhamdulillah tidak ada korban dari sengatan tawon dalam dua kasus malam ini,” katanya.

Ia menambahkan, di dua kejadian ini koloni tawon bersarang di bawah atap bagian samping rumah warga.

“Kondisi tersebut membuat resah penghuni rumah, petugas langsung melakukan proses pengusiran dan pembuangan sarang yang memakan waktu sekitar 1,5 jam lebih.”

“Alhamdulillah penanganan berjalan aman dan lancar hingga dipastikan benar-benar aman,” pungkasnya.

Komentar
Banner
Banner