Pemkab Banjar

Menumbuhkan Minat Baca Anak, Dispersip Banjar Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Banjar menggelar lomba bercerita tingkat Sekolah Dasar (SD)

Featured-Image
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Banjar menggelar lomba bercerita tingkat Sekolah Dasar (SD), Kamis (16/3). Foto-MC Banjar.

bakabar.com, MARTAPURA - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Banjar menggelar lomba bercerita tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat se-Kabupaten Banjar tahun 2023, di Gedung Dekranasda Kabupaten Banjar, Kamis (16/3).

Lomba diikuti 20 peserta ini dibuka dengan ditandai pemecahan kendi bertuliskan "BODOH". Disaksikan perwakilan Dispersip Provinsi Kalsel, tim penilai, PKK Kabupaten Banjar, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Kabupaten Banjar dan Korwil Kecamatan.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur diwakili Asisten Administrasi Umum Hj Siti Mahmudah membuka kegiatan.

Ia mengatakan, Pemkab Banjar sangat mengapresiasi digelarnya lomba bercerita karena merupakan salah satu upaya untuk pengenalan dan pembudayaan gemar membaca di kalangan anak-anak.

"Tujuannya menumbuh kembangkan minat dan kegemaran membaca anak-anak serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui bacaan," jelas Mahmudah.

Menurutnya, perlu adanya upaya untuk menumbuh kembangkan kegemaran membaca secara serentak dan terpadu yang melibatkan pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan khususnya masyarakat.

Plt Kepala Dispersip Banjar, Mohammad Yani mengatakan, tujuan dari lomba bercerita untuk menarik minat baca anak melalui buku cerita dan budaya daerah.

"Memperkenalkan budaya bangsa melalui cerita dan membiasakan anak untuk hidup cerdas memiliki mental kreatif, kompetitif dan berani tampil didepan," ujarnya.

Baca Juga: 179 Peserta Ikuti Seleksi Paskibraka Kabupaten Banjar

Editor


Komentar
Banner
Banner