Pemkab Banjar

Menteri Kelautan dan Perikanan Resmikan SPBU Nelayan di Aluh - Aluh Kabupaten Banjar

Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono, meresmikan SPBU Nelayan di Desa Aluh-Aluh Besar, Kabupaten Banjar, Kalsel.

Featured-Image
Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono, meresmikan SPBU Nelayan di Desa Aluh-Aluh Besar, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalsel, Jumat (31/3). foto-istimewa.

bakabar.com, MARTAPURA - Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono, meresmikan beroperasinya Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Nelayan (SPBUN) di Desa Aluh-Aluh Besar, Kecamatan Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar, Kalsel, Jumat (31/3).

SPBUN itu milik PT. Gas Borneo Anugerah. Menteri Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, penyediaan BBM yang memadai secara kuantitas, harga, dan akses sangat dibutuhkan para nelayan untuk keperluan operasionalnya.

"Kami berkomitmen untuk memudahkan akses BBM khususnya BBM bersubsidi bagi para nelayan," ujar Sakti.

Salah satu upaya KKP, lanjut Sakti, adalah penandatanganan MoU dengan Kementerian BUMN melalui Pertamina beberapa bulan lalu.

"Namun untuk kuota BBM bersubsidi merupakan kewenangan BPH Migas (Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi), terangnya.

Sementara Wakil Bupati Banjar, Habib Idrus Al-Habsyie, yang turut hadir pada peresmian mengatakan, SPBUN di Kecamatan Aluh-aluh adalah yang pertama di Kabupaten Banjar dengan tujuan mengurangi permasalahan BBM bagi nelayan.

"Nelayan bisa mendapatkan akses yang lebih mudah dan harga BBM yang lebih murah, yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan nelayan," ujar Habib Idrus.

Habib Idrus berharap nelayan memiliki Kartu e-KUSUKA (Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan Elektronik) sebagai alat mendistribusikan bantuan langsung tunai, agar tepat sasaran untuk nelayan kecil dan memberikan banyak manfaat, salah satunya membeli BBM dengan harga bersubsidi.

Salah satu nelayan, Saipul Bahri, mengaku bangga dan senang atas diresmikan SPBUN di Kecamatan Aluh-aluh. Karena menurutnya, nelayan dapat terbantu dengan mendapatkan harga BBM jenis solar dan pertalite yang lebih murah.

Baca Juga: DKPP Banjar Sediakan Beras Murah Selama Ramadan

Editor


Komentar
Banner
Banner