Kalsel

Menjelang Iduladha 1442 H, Segini Harga Bahan Pokok di Martapura

apahabar.com, MARTAPURA – H-6 menjelang Hari Raya Iduladha 1442 Hijriah, harga bahan pokok di pasar tradisional…

Featured-Image
Harga daging sapi mulai turun setelah sempat melesat sebelum Lebaran 2022. Foto: Dokumen

bakabar.com, MARTAPURA – H-6 menjelang Hari Raya Iduladha 1442 Hijriah, harga bahan pokok di pasar tradisional Martapura, Kabupaten Banjar masih cukup dinamis.

Dari pantauan ke sejumlah toko bahan pokok di Pasar Batuah Martapura, Rabu (14/7), sebagian ada yang mengalami kenaikan dan ada beberapa item mengalami penurunan harga.

Harga ayam potong misalnya, hari ini relatif menurun dari yang sebelumny berkisar Rp27 ribu hingga Rp30 ribu, kini berkisar Rp24 – Rp25 ribu per kilonya.

“Sedikit turun sejak beberapa hari lalu. Kalau menjelang Hari Raya Idul Adha ini biasanya ada sedikit peningkatan konsumen. Sehari bisa habis 80 ekor,” ujar Asyiah, penjual ayam potong.

img

Pun demikian harga telur ayam ras, dari yang sebelumnya Rp25 ribu per kilo kini sedikit turun menjadi Rp23 ribu per kilo.

Berbeda dengan harga daging sapi potong, harganya sedikit naik dari Rp130 ribu menjadi Rp135 ribu per kilonya. Namun ada juga yang masih menjual dengan harga Rp130 ribu per kilonya. Yang membedakan adalah kualitas dari daging itu sendiri.

“Kalau saya menjual daging Rp135 ribu per kilonya. Naik 5 ribu beberapa hari ini,” kata Muhammad. Ia menjelaskan, kenaikan daging sapi lantaran stok sapi potong mulai berkurang menjelang Iduladha ini.

Beralih ke harga bawang yang juga sedikit ada kenaikan. Harga bawang merah berkisar antara Rp28 ribu hingga Rp30 ribu per kilonya. Sedangkan bawang putih masih stabil dengan harga Rp25 ribu.

Komoditas cabai juga mengalami sedikit kenaikan rata-rata Rp5 ribu, seperti cabai rawit kini Rp90 ribu per kilonya.

Sedangkan cabai jenis tiung kecil dan taji, masing-masing Rp80 ribu dan Rp70 ribu per kilonya.

Adapun cabai kering besar masih Rp70 ribu per kilonya.



Komentar
Banner
Banner