Hot Borneo

Mengusung Ayat Al-Qur'an, Tarian Kolosal Buka MTQN Tingkat Provinsi Kalsel

Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) tingkat provinsi Kalsel akan dilangsungkan di lapangan Murjani, Banjarbaru.

bakabar.com, BANJARBARU - Musabaqah Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) Tingkat Provinsi Kalsel akan dilangsungkan di Lapangan Murjani, Banjarbaru.

Gelaran akbar ini akan dibuka 20 Juli 2023. Mengusung tema ayat Al-Qur'an 'Iqra' tarian kolosal yang diprakarsai Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Banjarbaru, akan membuka MTQN Kalsel.

"Karya tari garapan baru berjudul Iqra ini menggambarkan 'Kebesaran Allah' bermula dari turunnya ayat pertama, yakni Iqra," papar Kepala Disporabudpar Banjarbaru, Ahmad Yani Makkie, Rabu (19/7).

Yani menyebut, bentuk koreografi yang memiliki karakteristik gerakan lincah dan dinamis bernuansa religius.

Dipentaskan secara berkelompok oleh para penari, menggunakan properti bendera, dan payung ubur-ubur untuk membantu para penari agar makin bersemangat.

Bersandar pada gerak tari tradisional Banjar yang dikolaborasikan dengan tari rudat, hadrah, dan sufi dengan balutan komposisi tari dan iringan musik orkestra etnik.

Garapan tari ini melibatkan kurang lebih seratus orang penari dari berbagai macam latar belakang.

"Antara lain, siswa SD, SMP, SMA, mahasiswa, sanggar tari, dan sebagian masyarakat umum," katanya.

Malam ini kata dia, pihaknya melaksanakan gladi untuk pembukaan besok malam. "Semoga acara akbar ini berjalan sesuai harapan," tandas Yani.

Pantauan bakabar.com, nampak ratusan penari menghiasi Lapangan Murjani untuk melakukan gladi tari kolosal dalam pembukaan nanti.

Editor
Komentar
Banner
Banner