Tak Berkategori

Mengenal Khasiat Jengkol, Makanan Khas Banjar Bercampur Lalaan

apahabar.com, BANJARMASIN- Pasti sudah banyak yang tahu dengan makanan jengkol merupakan khas Indonesia. Makanan jengkol juga…

Featured-Image
Stand Kedai Jengkol Hj Fatimah di festival Kuliner Banjar 2018. Foto: apahabar.com/Marlianti

bakabar.com, BANJARMASIN- Pasti sudah banyak yang tahu dengan makanan jengkol merupakan khas Indonesia. Makanan jengkol juga ada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Di Banua, jengkol biasa disebut Jaring.

Oleh masyarakat lokal, jaring biasanya disantap dengan lalaan yang terbuat dari kelapa yang sudah diparut. Diana anak dari Fatimah penjual Jaring setempat membeberkan cara pengolahan jaring.

Ditemui di festival Kuliner Banjar 2018, Diana berbagai resep yang sudah diperolehnya secara turun-temurun. Cara pengolahan Jaring betumbuk, sebut dia, yaitu kulit pertama dikelupas dengan cara ditumbuk menggunakan alat Palu yang dikhususkan. Kemudian direbus agar proses pengolahan kulit kedua lebih gampang.

“Untuk proses kedua minimal membutuhkan waktu selama 2 hari,” ujarnya dalam bincang ringan dengan bakabar.com, sore tadi.

Dikatakan, perebusan jaring membutuhkan waktu semalaman dengan menggunakan air hangat biasa dalam membuat jaring betumbuk.

Baca Juga :Diana Terpaksa Bolak Balik Sediakan Jengkol di Festival Kuliner Banjar

Jengkol, ujar Diana, juga memiliki manfaat atau khasiat untuk kesehatan.

“Kalau untuk kesehatan tidak perlu mencampur dengan lalaan, cukup alami saja dengan jaring,” terang Diana yang sudah turun-menurun dari nenek moyang berjualan jaring.

Jaring tanpa lalaan juga bermanfaat untuk kanker, ginjal, dan susah buang air kecil, katanya lagi.

Sebelumnya, dia mengatakan, Jaring tidak hanya didatangkan dari Amuntai, Barabai, Pelihari, tetapi juga dari Pontianak, Kalimantan Barat, dan, Medan Sumatera Utara berdasarkan banyaknya permintaan.

Sementara itu, berdasarkan pantauan, tidak hanya jaring betumbuk, ada juga semur jengkol, rendang jengkol, dan balado jengkol. Bagi para wisatawan luar yang ingin berkunjung alangkah baiknya mencicipi makanan khas banjar yang satu ini.

Baca Juga :Jamur Tiram Ramaikan Festival Kuliner Banjar

Reporter: Marlianti
Editor: Fariz



Komentar
Banner
Banner