Pemkab Balangan

Mendadak Ramai, Mahasiswa Australia Berwisata ke Pasar Budaya Rancah Mampulang Balangan

apahabar.com, PARINGIN – Pasar Budaya Rancah Mampulang, Desa Balida, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan mendadak ramai, Kamis…

Featured-Image
Mahasiswa asal Autralia dan ULM Banjarmasin mengunjungi Pasar Wisata Rancah Mampulang, Desa Balida, Kabupaten Balangan. Foto-apahabar.com/Istimewa

bakabar.com, PARINGIN – Pasar Budaya Rancah Mampulang, Desa Balida, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan mendadak ramai, Kamis (14/7) lalu.

Kepala Desa Balida, Saridin mengatakan pihaknya kedatangan tamu dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin dan jua membawa mahasiswa dari Australia.

“Sebanyak 20 mahasiswa dan dua profesor dari Australia, serta puluhan mahasiswa dari Unlam Banjarmasin,” katanya.

Kabar kedatangan mahasiswa dari luar negeri disambut dengan atusias warga yang ingin melihat dan berfoto bersama.

Mahasiswa asal Australia dan pengunjung yang hadir disuguhkan berbagai pertunjukan khas dari tarian, madihin, kuntau serta kuda gepang.

“Dengan adanya kunjungan seperti ini kita harapkan bisa mempromosikan tempat wisata kami ke ranah lebih luas, baik itu di provinsi, maupun mancanegara,” ucap Kades Balida.

Ia juga meminta masukan agar bisa mengembangkan wisata Pasar Budaya Racah Mampulang sehingga lebih dinikmati pengunjung, khususnya wisatawan asing.

Diketahui wisata Pasar Rancah Mampulang menjual berbagai kerajinan, serta makanan dan minuman tradisional.

Transaksinya pun berbeda, yaitu dengan menukarkan uang rupiah dengan rancah yang terbuat dari bambu sebagai mata uang untuk pembelian di area wisata tersebut.

Komentar
Banner
Banner