Banjarmasin Hits

Maulid Habsyi Rutinan di Sekumpul Penuh Jemaah

Kegiatan rutin pembacaan Maulid Habsyi di Musala Ar-Raudhah Sekumpul, Martapura dihadiri lebih banyak jemaah dari biasanya, Minggu (21/1/2024) malam.

Featured-Image
Jemaah pembacaan Maulid Habsyir rutinan di Sekumpul lebih banyak dari biasanya, Minggu (21/1/2024) malam. Foto-apahabar.com/Hendra Lianor

bakabar.com, MARTAPURA - Kegiatan rutin pembacaan Maulid Habsyi di Musala Ar-Raudhah Sekumpul, Martapura dihadiri lebih banyak jemaah dari biasanya, Minggu (21/1/2024) malam.

Terpantau saf jemaah sampai di Musala Al-Huda, Sungai Kacang, Jalan Sekumpul. Jaraknya tidak kurang 800 meter dari Musala Ar-Raudhah Sekumpul.

Kalau biasanya, saf jemaah juga meluber ke Jalan Sekumpul sampai sejauh antara 500 - 600 meter dari Musala Ar-Raudhah Sekumpul.

Menurut Muhammad, salah seorang relawan di Sekumpul, kemungkinan bertambahnya jemaah hari ini karena ada jemaah dari jauh yang tidak sempat mengikuti haul pada pekan lalu.

Hal itu tampak dari sejumlah jemaah perempuan yang juga hadir. Padahal, kegiatan rutin ini khusus laki - laki.

"Malam ini lebih banyak dari biasanya. Jemaah dari jauh ada yang datang," ungkap relawan juru parkir ini.

Pembacaan Maulid Habsy tadi berlangsung seperti biasanya. Tidak ada pembacaan Tahlil maupun doa haul.

Dimulai dengan pembacaan Simtudduror, kemudian syair Ya Sayyida Sadat. Saat mahallul qiyam membaca syair Ya Nabi Salam Alaika.

Sebagai syair penutup, dibawakan syair Ya Rasulallah Salamun Alaik.

Kemudian doa Maulid Habsy, serta doa penutup dari ulama sepuh Martapura, KH Muaz Hamid. Setelahnya, azan Isya dan salat berjemaah.

Selama berlangsung, jemaah tampak khusuk dan larut dalam lantunan syair salawat.

Di sisi lain, tak sedikit warga setempat membagi - bagikan makanan hingga minuman hangat kepada tiap jemaah.

Editor


Komentar
Banner
Banner