Nasional

Masuk 3 Bandara Terburuk Indonesia, Begini Respons Otoritas Syamsudin Noor

Syamsudin Noor ternyata masuk salah satu dari bandara-bandara terburuk di Indonesia. Benarkah demikian?

Featured-Image
Salah satu pesawat di apron Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin. Foto: Dokumen

bakabar.com, BANJARBARU - Syamsudin Noor ternyata masuk salah satu dari bandara-bandara terburuk di Indonesia. Benarkah demikian?

Tepat akhir 2023, lembaga konsumen penerbangan AirHelp merilis 194 bandara dalam Global Airport Ranking AirHelp.

Lantas ditemukan bandara-bandara Indonesia masuk sepuluh besar terbawah di dunia, termasuk Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin.

Ironisnya Syamsudin Noor berada di peringkat 194 atau terbawah. Kemudian Bandara Internasional Ngurah Rai Denpasar di urutan 189 dan Bandara Halim Perdanakusuma di peringkat 185.

Dalam pemeringkatan tersebut, AirHelp menggunakan indikator tingkat ketepatan waktu atau On Time Performance (OTP), opini pelanggan (customer opinion) dan ketersediaan toko dan makanan (food and shops).

Bandara Syamsudin Noor memiliki nilai OTP 5,2 dengan opini pelanggan 8,2 dan indikator food and shops sebesar 8. Skor akhir yang dimiliki bandara ini adalah 6,39.

Sedangkan Bandara Ngurah Rai tercatat memiliki skor ketepatan waktu 5,5, kemudian opini pelanggan 7,9, serta ketersediaan toko dan makanan 8,3 atau dengan skor akhir 6,55.

Adapun Bandara Halim Perdanakusuma memiliki skor OTP 5,7. skor opini pelanggan 8 dan ketersediaan toko dan makanan 8,1 atau dengan skor akhir 6,63.

Sementara bandara terbaik di dunia versi AirHelp adalah Bandara Internasional Muscat di Oman dengan total skor 8,54.

"Memang demikian penilaian versi AirHelp," papar Humas Bandara Internasional Syamsudin Noor, Iwan Risdianto, Minggu (21/1).

"Namun kami telah menyelesaikan pembangunan atau pengembangan dalam rangka peningkatan pelayanan dan peningkatan kapasitas bandara," imbuhnya.

Awalnya kapasitas Bandara Syamsudin Noor hanya 1,5 juta pax per tahun, lalu ditingkatkan menjadi 10 juta pax per tahun.

Melalui pengembangan infrastruktur dan layanan tersebut, Syamsudin Noor mendapatkan pengakuan terbaik.

Salah satunya dari Airports Council International (ACI) sebagai salah satu dari 73 bandara di dunia dalam kategori The Voice of the Customer in Asia Pacific 2022.

Kemudian dari Indonesia National Air Carriers Association (INACA) sebagai Bandara Terbaik Indeks Kepuasan Pelanggan (CSI) 2023.

"Masukan dari berbagai pihak dan stakeholder industri aviasi menjadi motivasi kami untuk terus berupaya lebih baik lagi dalam meningkatkan standar layanan," pungkas Iwan.

Editor


Komentar
Banner
Banner