Hot Borneo

Masih PPKM Level 1, Izin Tablig Akbar UAS di Balikpapan Menggantung

apahabar.com, BALIKPAPAN – Penambahan kasus positif Covid-19 di Balikpapan, membuat perizinan tablig akbar Ustaz Abdul Somad…

Featured-Image
Ustaz Abdul Somad dijadwalkan mengisi tablig akbar di Lapangan Merdeka Balikpapan. Foto: Dokumen

bakabar.com, BALIKPAPAN - Penambahan kasus positif Covid-19 di Balikpapan, membuat perizinan tablig akbar Ustaz Abdul Somad (UAS) masih menggantung.

Balikpapan sedang berstatus PPKM level 1 berdasarkan Surat Edaran Walikota Balikpapan Nomor 440/1644/SEKRT. Ini berlaku sejak 5 Juli hingga 1 Agustus 2022.

Makanya Pemkot Balikpapan mulai selektif dalam memberikan izin kegiatan yang mengundang massa. Salah satunya tablig akbar UAS di Lapangan Merdeka yang direncanakan digelar 22 Juli 2022.

“Kalau sesuai jadwal, Balikpapan masih dalam PPKM level 1,” papar Kabid Keamanan dan Penegakan Hukum Satgas Covid-19 Balikpapan, Zulkifli, Kamis (14/7) malam.

“Namun sudah diterbitkan pula edaran dari Kementrian Dalam Negeri yang mewajibkan booster untuk memasuki fasilitas umum,” imbuhnya.

Berkaca dari situasi dan regulasi, Pemkot Balikpapan pun memutuskan memberi perizinan, sebelum melakukan kajian yang melibatkan seluruh stakeholder.

“Sedianya acara utama UAS digelar di Kalimantan Utara, transit di Balikpapan. Oleh karena waktu transit memadai, akhirnya dimanfaatkan oleh Badan Dakwah Islam Pertamina dan Istiqomah untuk tablig akbar di Balikpapan,” papar Zulkifli.

“Pertimbangan kami adalah tablig akbar membuat jemaah bertahan berjam-jam. Berbeda dengan resepsi perkawinan yang memungkinkan terjadi sirkulasi massa,” tandasnya.



Komentar
Banner
Banner