Kalsel

Masih Ada 13 Desa Rentan Pangan di Tabalong

apahabar.com, TANJUNG – Dari 121 desa, ada 13 desa di Kabupaten Tabalong masuk dalam kategori rentan…

Featured-Image
Kantor Dinas Ketahanan Pangan Tabalong. Foto-apahabar.com/Amin

bakabar.com, TANJUNG – Dari 121 desa, ada 13 desa di Kabupaten Tabalong masuk dalam kategori rentan pangan. Jumlah ini berdasarkan data dari Dinas Ketahanan Pangan setempat.

Dari belasan desa ini, empat desa masuk prioritas 1, kemudian dua desa masuk prioritas 2 dan tujuh desa masuk prioritas 3.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tabalong, Norzain A Yani mengungkapkan, 4 desa yang masuk prioritas 1 yaitu, Desa Panaan, Dambung Raya Kecamatan Bintang Ara. Desa Salikung, Sungai Kumap Kecamatan Muara Uya.

Kemudian, yang masuk prioritas 2 yaitu, Desa Hapalah Kecamatan Banua Lawas dan Desa Hegar Manah Kecamatan Bintang Ara.

Selanjutnya, yang masuk prioritas 3 yaitu, Desa Bangkiling, Bangkiling Raya,Habau Kecamatan Banua Lawas, Desa Pampanan Kecamatan Pugaan.

Desa Walangkir Kecamatan Tanta, Desa Bumi Makmur Kecamatan Bintang Ara dan Desa Binjai Kecamatan Muara Uya.

Masuknya 13 tersebut dalam rentan pangan karena masih kurangnya ketersediaan pangan berupa bahan pokok, akses jalan menuju desa itu dan penggunaan pangan.

“Terhadap 13 desa tersebut menjadi prioritas kami untuk ditangani pada tahun 2021 nanti, ” kata Norzain, Senin (21/12) di ruang kerjanya.

Penanganan yang akan dilakukan terhadap desa rentan pangan itu diantaranya bekerjasama dengan sejumlah SKPD terkait untuk pengumpulan data-data penilaian.

Misalnya, akses jalan akan bekerjasama dengan Dinas PUPR, begitu pula dengan air bersih, kesehatan, garis kemiskinan akan ditangani SKPD terkait.

“Targetnya di tahun 2024 sudah tidak ada lagi desa yang rentan pangan, ” pungkasnya.

img

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tabalong, Norzain A Yani. Foto-bakabar.com/Amin



Komentar
Banner
Banner