Sport

Mantap! Rihan Variza Juarai APRC dan Kejurnas Rally 2024 di Sumut

Tampil penuh konsistensi, HM Rihan Variza menjuarai Asia Pasific Rally Championship (APRC) seri keempat dan Kejurnas Rally 2024 putaran kedua di Rambung Sialang

Featured-Image
Aksi HM Rihan Variza yang membuat pereli Kalimantan Selatan ini dijuluki Raja Jumping dari Binuang oleh penonton. Foto: HRVRT Official

bakabar.com, MEDAN - Tampil penuh konsistensi, HM Rihan Variza menjuarai Asia Pasific Rally Championship (APRC) seri keempat dan Kejurnas Rally 2024 putaran kedua di Rambung Sialang Estate, Serdang Bedagai, Sumatera Utara (Sumut).

Rihan sudah tampil beringas sejak leg pertama, Sabtu (3/8). Pereli HRVRT HBM BGM BMB ini menyapu bersih enam Special Stage (SS) yang disediakan.

Pereli Kalimantan Selatan itu membukukan total waktu 1 jam 10 menit dan 12,4 detik. Rihan unggul 41,3 detik atas H Rahmat di peringkat kedua.

Memasuki leg kedua yang menyajikan empat SS, Minggu (4/8), situasi menjadi sedikit lebih sulit lantaran hujan mengguyur lintasan hampir sepanjang malam.

Bahkan atas pertimbangan keselamatan, Federation Internationale de I’Automobile (FIA) membatalkan SS7 dan SS8. Akhirnya diputuskan langsung diselenggarakan SS9 mulai pukul 11.59 WIB.

Begitu pintu start dibuka, Rihan langsung melesat. Di lintasan sepanjang 17,10 kilometer, pereli HRVRT HBM BGM BGM ini membukukan waktu tercepat 13 menit 41,6 detik.

Praktis dengan keberhasilan di SS9, pereli Kalimantan Selatan tersebut memilih bermain di SS10 atau terakhir.

Momentum itu lantas diambil H Rahmat untuk mencatatkan waktu tercepat. Pereli LFN Sederhana ini membukukan 11 menit 31,3 detik di atas lintasan sepanjang 13,37 kilometer.

Kendati melepas SS10, Rihan dipastikan menjadi juara general classification dan kategori RC2 APRC seri keempat, serta kelas H1, grup H dan kejuaraan umum Kejurnas Rally 2024 putaran kedua.

Diketahui itu merupakan kemenangan kedua yang dibukukan Rihan di seri APRC, setelah seri kelima musim 2019 di Rambung Sialang.

"Alhamdulillah hasil akhir sesuai ekspektasi dan kami pun banyak terbantu data-data sebelumnya," jelas Rihan.

"Memang SS9 dan SS10 cukup sulit, karena trek licin seusai diguyur hujan. Namun kami memilih ban yang lebih soft, sehingga dapat menyelesaikan semuanya dengan baik," imbuhnya.

Rahmat sendiri menempati peringkat kedua dengan total waktu 1:36:28,3 atau tertinggal 45,8 detik dari Rihan di posisi teratas.

Disusul Bimo Pradikto dengan total time 1:39:22,5 di urutan ketiga, dan Musa Rajekshah di peringkat keempat dengan total waktu 1:39:57,0.

Jajaran lima besar dilengkapi Muhammad Riszki Prayoga. Mengendarai Hyundai i20 N R5, rekan setim Rihan ini mencatatkan total waktu 1:40:26,0.

Seiring keberhasilan memenangi putaran kedua Kejurnas Rally 2024, Rihan pun mengamankan posisi puncak klasemen kelas H1 dan kejuaraan umum dengan 52,5 poin.

Editor


Komentar
Banner
Banner