Wisata Magelang

Magelang Vaganza, Manjakan Wisatawan Magelang di Awal Tahun Baru

Magelang Vaganza jadi atraksi wisata untuk pengunjung yang merayakan libur tahun baru.

Featured-Image
Kemeriahan Magelang Vaganza (Apahabar.com/Arimbihp)

Apahabar.com, MAGELANG - Magelang Vaganza jadi atraksi wisata untuk pengunjung yang merayakan libur tahun baru.

Acara yang diinisiasi Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) berkolaborasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) itu digelar di Kawasan Pecinan dan Alun-Alun Kota Magelang, Minggi (31/12) hingga Senin (1/1).

Berbagai atraksi ditampilkan untuk menghibur para pengunjung, di antaranya panggung kesenian rakyat, food festival, fashion show hingga parade band.

Masyarakat Magelang juga terlihat antusias merayakan tahun baru di Magelang Vaganza.

"Magelang Vaganza sekaligus menjadi ajang promosi kebudayaan, destinasi pariwisata, kuliner makanan khas Magelang, ke kancah nasional maupun internasional," kata Kepala Disporapar Kota Magelang, Sarwo Imam Santosa, Senin (1/1).

Imam menuturkan, agenda wisata tersebut juga melibatkan masyarakat Magelang yang terdiri dari pegiat seni serta pelajar.

"Maka banyak kuliner khas Magelang yang menjadi ikon di acara ini seperti Nasi Goreng Magelangan, Gethuk, sampai Sop Senerek," jelasnya.

Tak hanya itu, pertunjukan yang ditampilkan juga banyak menonjolkan kesenian rakyat khas Magelang seperti soreng, jathilan, hingga Kubro.

Agar masyarakat bisa menikmati acara dengan tertib dan nyaman, Imam dan jajarannya sudah berkoordinasi dengan OPD terkait mengenai pengaturan lalu lintas di sekitar lokasi Magelang Vaganza.

"Beberapa ruas akan diterapkan sistem buka tutup. Ketika acara berlangsung maka akan ditutup, jika sudah selesai akan dibuka kembali,” imbuh Imam.

Tak hanya itu, Imam menyebut, dinas juga sudah menyediakan kantong-kantong parkir yang dapat dimanfaatkan warga yang hendak menikmati “Magelang Vaganza”.

"Kami tetap mengimbau masyarakat untuk menerapkan protokol Cleanliness, Health and Safety (CHS), dengan tidak membuang sampah sembarangan agar kesehatan semua pihak terjaga," imbaunya.

Sementara itu, seorang pengunjung Magelang Vaganza, Nares (30) mengaku senang bisa mendapatkan hiburan yang aksesnya mudah dan gratis.

"Kami kebetulan sedang berlibur dari Purwokerto ke Magelang, di sini banyak makanan khasnya, dekat juga dengan penginapan," kata Nares.

Ia juga sempat menyicip kuliner khas Magelang yaitu Gethuk dan Kupat Tahu dari salah satu stand di Magelang Vaganza.

"Harganya juga murah, semoga besok kalau berkunjung ke Magelang bertepatan dengan event serupa," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner