Pemprov Kalsel

Lomba Gerak Jalan Dispora Kalsel, Upaya Tumbuhkan Geliat Olahraga di Tengah Pandemi

apahabar.com, BANJARMASIN – Antusiasme warga Kalimantan Selatan dalam berolahraga pada era adaptasi kebiasaan baru kembali meningkat….

Featured-Image
Perlombaan gerak jalan menyambut HUT RI dengan menerapkan protokol kesehatan. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

bakabar.com, BANJARMASIN – Antusiasme warga Kalimantan Selatan dalam berolahraga pada era adaptasi kebiasaan baru kembali meningkat.

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel mulai menggelar sejumlah kegiatan olahraga dengan menerapkan protokol Covid-19.

“Kita bersyukur di tengah pandemi Covid-19 masih bisa melaksanakan kegiatan lomba gerak jalan,” ucap Kepala Dispora Kalsel, Hermansyah, saat membuka lomba gerak jalan HUT RI ke-70 di Siring Nol Kilometer, Sabtu (8/8) pagi.

Perlombaan itu diikuti oleh 74 regu. Mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA.

“Tingkat SD ada 8, SMP ada 15, kemudian SMA ada 22. Ada yang dewasa putra dan putri, ” sebutnya

Digelar selama dua hari, perlombaan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, face shield, serta saling menjaga jarak. Oleh karena itu, jumlah peserta pada tahun ini harus dibatasi.

“Ini sesuai edaran yang disampaikan sekretariat negara. Boleh melaksanakan kegiatan dengan protokol kesehatan, ” lanjutnya.

Untuk menjadi menghindari kerumunan, tidak hanya pengurangan jumlah peserta namun jarak yang digunakan dalam perlombaan juga berbeda dari tahun sebelumnya. Di tingkat SD dan SMP hanya 4 kilometer dan tingkat SMA hanya 8 kilometer.

“Itu pun termasuk cukup banyak. ternyata antusiasme warga kalsel untuk mengikuti kegiatan ini cukup besar, “imbuhnya

Selain masuk rangkaian HUT RI ke-70, sejumlah kegiatan yang digelar Dispora juga dalam rangka menyambut hari jadi Provinsi Kalsel.

Hermansyah mengakui meski terjadi pemangkasan anggaran tetapi tidak mengurangi semangat untuk menggelar kegiatan olahraga kembali.

“Kita pilih event-event yang memang bisa kembali menggairahkan semangat olahraga di Kalsel. Menghadapi era new normal, harus kita hadapi dengan bijak dan tetap kedepankan protokol kesehatan,” katanya.

Dalam waktu dekat, Dispora Kalsel juga telah menjadwalkan beberapa agenda olahraga di antaranya kejuaraan catur tingkat provinsi, futsal antar SKPD, serta kejuaraan kuntau.

Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner