Kalsel

LIPSUS: Melihat Ketatnya Protokol Kesehatan saat Perayaan Natal di Banjarmasin

apahabar.com, BANJARMASIN – Meski Covid-19 sedang melandai, perayaan hari raya Natal 2021 pada sejumlah gereja di…

Featured-Image
Perayaan hari raya Natal 2021 pada sejumlah gereja di Banjarmasin masih digelar dengan protokol kesehatan ketat. Foto-apahabar.com/Syaiful Riki

bakabar.com, BANJARMASIN – Meski Covid-19 sedang melandai, perayaan hari raya Natal 2021 pada sejumlah gereja di Banjarmasin masih digelar dengan protokol kesehatan ketat.

Di Gereja Katolik Katedral Keluarga Kudus, Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin, setiap jemaat yang akan masuk ke kawasan gereja dipastikan harus menjalani skrining suhu tubuh.

Bila nantinya hasil skrining suhu tubuh berada di atas 37,5 derajat celcius, pihak gereja mengimbau jemaat tersebut untuk beribadah secara virtual dari rumah.

"Mereka yang sedang sakit, terlebih mengarah indikasi Covid-19 tidak diperbolehkan masuk," kata Kepala Gereja Katedral Banjarmasin, Pastor Ignasius Tari, Jumat (24/12).

Selain skrining suhu tubuh, kursi antar jemaat juga diberi jarak sekira 1 meter. Pastor Ignasius memastikan pihaknya akan mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan secara ketat oleh pemerintah.

Untuk prosesi ibadah Misa sendiri dibagi dengan dua sesi, yakni sore dan malam hari. Sedangkan puncak Natal digelar besok (25/12) pagi.

"Per sesinya kita siapkan sekitar 750 kursi," katanya.

Perayaan Natal di Gereja Katedral Banjarmasin rencananya akan digelar secara tatap muka dan dalam jaringan (daring).

Khusus bagi jemaat yang ingin datang ibadah di gereja, diwajibkan hanya yang sudah bervaksin Covid-19.

"Apabila belum divaksin, diperkenankan untuk mengikuti ibadah secara daring," timpal penanggungjawab pelaksanaan Natal di Gereja Kadetral Banjarmasin, Abdon Winarko.

Pada perayaan natal dan tahun baru nanti, Dinas Kesehatan Banjarmasin juga sudah menyiapkan tim khusus yang akan melakukan swab antigen kepada masyarakat. Setidaknya ada 500 alat tes swab antigen yang disiapkan.

Tak hanya itu, Dinas Kesehatan Banjarmasin juga menyiapkan lima tim vaksinator untuk melakukan vaksin Covid-19 bagi masyarakat yang belum divaksinasi.

Satu tim vaksinator terdiri dari lima tenaga kesehatan. Mereka akan ikut patroli di setiap kecamatan. Total ada 25 tenaga kesehatan yang bertugas di malam pergantian tahun.

Sebanyak 250 dosis vaksin, dari merek Sinovac, Pfizer hingga AstraZeneca juga disiapkan. Khusus di Pos Pelayanan Duta Mall Banjarmasin, ada jatah 250 dosis vaksin dari Pemkot Banjarmasin.



Komentar
Banner
Banner