Pemkab Tabalong

Lindungi Varietas Lokal, Pemkab Tabalong Identifikasi Sejumlah Benih Padi Unggulan

Untuk melindungi varietas padi lokal, Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DKP2TPH) Kabupaten Tabalong

Featured-Image
Tanaman padi petani di Desa Karangan Putih, Kelua, yang mulai mengurai. Foto-apahabar.com/Muhammad Al-Amin

bakabar.com, TANJUNG -  Untuk melindungi varietas padi lokal, Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DKP2TPH) Kabupaten Tabalong mengidentifikasi sejumlah varietas padi unggulan daerah.

Identifikasi atau karakterisasi yang sudah dilakukan yaitu varietas Rindu Menangis dan varietas Tipung di Desa Bintang Ara Kecamatan Bintang Ara.

"Identifkasi tersebut telah kami lakukan bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional Kalsel untuk varietas unggulan lokal," kata Kepala DKPPTPH Tabalong, H Mohamad Mugeni, baru-baru tadi.

Baca Juga: Pemprov Gelar Pasar Murah untuk Tekan Inflasi di Kalsel

Ke depan DKPPTPH juga akan melakukan uji varietas untuk jenis Sibuyung kuning, Sibuyung Merah, Sibuyung Putih, Mayas Kuning, Geragai, Longkong Putih Teratau, Longkong Melati Kinarum.

"Varietas padi Sibuyung Kuning kini dikembangkan di Desa Kinarum, Upau dan Sibuyung Kuning di Dusun Solangai,Jaro," beber Mugeni.

Baca Juga: Rombongan Kapolda Jambi Ditemukan di Hutan, Intip Kondisinya!

Mugeni mengatakan untuk langkah awal mendapatkan sertifikat tanda daftar, pihaknya tahun ini menargetkan melakukan  belasan identifikasi varietas padi.

"Nah, benih yang kita kembangkan ini berbeda dari daerah lain, karena mempunyai ciri khusus, seperti Sibuyung Putih dan Sibuyung Kuning selain aroma khas, bulir padi lebih kecil," ungkapnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner