Hot Borneo

Kubah Basirih hingga Sekumpul Jadi Tempat Wisata Religi Saat MTQ Nasional di Kalsel

Kafilah Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIX tahun 2022 akan melakukan wisata religi di Kalsel.

Featured-Image
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno meninjau Kubah Basirih, Kota Banjarmasin. Foto-apahabar/Bahaudin

bakabar.com, BANJARMASIN - Pemprov Kalimantan Selatan telah menyiapkan tempat wisata religi untuk ribuan kafilah Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIX tahun 2022. Kunjungan wisata ini akan menjadi layanan istimewa bagi para kafilah yang datang dari luar daerah. 

"Rencananya ada tempat wisata religi yakni kubah Guru Sekumpul Martapura dan Kubah Basirih Banjarmasin pada 17 Oktober," ujar Kabid Pengembangan Dinas Pariwisata Kalsel, Mugeni.

Sementara itu, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyampaikan kegiatan wisata religi dimaksudkan untuk memeriahkan perhelatan MTQ Nasional ke XXIX di Provinsi Kalimantan Selatan pada 10 – 19 Oktober ini.

Sejak jauh-jauh hari, Paman Birin mengajak masyarakat di Banua agar turut serta memeriahkan dan menyukseskan gelaran acara ini.

"Kita menunggu 50 tahun sejak tahun 1970 untuk bisa kembali menjadi tuan rumah MTQ nasional ini. Mari kita sukseskan untuk kebanggan Banua dan Indonesia," ucapnya.

Demi semarak dan kelancaran MTQ, Paman Birin mengerahkan segala sumber daya yang ada di lingkungan Pemprov Kalsel untuk kelancaran perhelatan MTQN.  Adapun lokasi lomba dibagi dalam 13 titik (venue).

Venue utama di Kiram Park. Selanjutnya di Masjid Agung Al-Karomah Martapura Kabupaten Banjar, Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan Kabupaten Banjar, Masjid Nurul Iman Kota Banjarbaru, aula serba guna Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Selain itu, Masjid Jami Banjarmasin, perkantoran Pemprov Kalsel di Kota Banjarbaru, Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru, auditorium Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Institut Agama Islam Martapura Kabupaten Banjar, dan Madrasah Tahfiz Darussalam Martapura Kabupaten Banjar.

Editor
Komentar
Banner
Banner