Hot Borneo

KPU HSS Mulai Laksanakan Tahapan Pemilu 2024

apahabar.com, KANDANGAN – Melalui peluncuran serentak se-Indonesia, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS)…

Featured-Image
Peluncuran tahapan pemilu 2024 di Kabupaten HSS. Foto-apahabar.com/Nuha

bakabar.com, KANDANGAN – Melalui peluncuran serentak se-Indonesia, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) secara resmi telah memulai tahapan Pemilu 2024, Selasa (14/6) malam.

Launching melalui daring serentak tersebut dihadiri KPU HSS bersama perwakilan pemerintah daerah, stakeholder terkait sampai dengan anggota partai politik.

Ketua KPU HSS, Nida Guslaili Rahmadina, menyampaikan secara regulasi maupun anggaran, pihaknya telah berkoordinasi dengan KPU Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sehingga sudah disiapkan.

“Kami juga sudah bersinergi dengan pemerintah daerah untuk dimulainya tahapan pemilu pada 14 Juni 2022 ini,” lanjutnya.

KPU HSS mengajukan rencana anggaran biaya (RAB) kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat untuk pemilihan kepala daerah atau Pilkada yang rencananya dilaksanakan pada 27 November 2024 sebesar Rp 40 miliar lebih.

Sementara untuk Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) maupun jadwal Pilkada 2024 belum diterbitkan KPU RI.

Nida Guslaili melanjutkan, untuk tahapan selanjutnya pihaknya menunggu informasi KPU Kalsel.

Di tempat yang sama, Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) HSS Fauzan mengatakan bahwa dengan diluncurkannya tahapan pemilu 2024 maka Bawaslu akan melaksanakan tugasnya.

“Kami akan melakukan pengawasan di setiap tahapan yang diselenggarakan KPU. Begitu pula pengawasan terhadap peserta pemilu,” ucapnya.

Untuk pelaksanaan Pilkada 2024, Bawaslu HSS telah mengajukan RAB sebesar Rp 20 miliar dan akan dilakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) oleh pemerintah daerah pada akhir 2023 mendatang.



Komentar
Banner
Banner