Tak Berkategori

KPU dan Bawaslu Banjar Sepakat, Haul Sekumpul Steril dari “Politik”

apahabar.com, MARTAPURA – Jelang Persiapan Haul Abah Guru Sekumpul ke-14, KPU dan Bawaslu sepakat dengan keputusan…

Featured-Image
Foto – net

bakabar.com, MARTAPURA – Jelang Persiapan Haul Abah Guru Sekumpul ke-14, KPU dan Bawaslu sepakat dengan keputusan panitia haul untuk membebaskan kawasan Sekumpul dari Alat Peraga Kampanye (APK) pada peringatan haul di 9-10 Maret 2019 mendatang.

Ketua KPU Banjar Muhaimin melalui Komisioner Divisi Sosialisasi Sumber Daya Masyarakat dan Partisipasi Masyarakat Abdul Muthalib mengatakan, secara pribadi setuju bahwa kawasan haul bebas dari nuansa politik termasuk APK yang saat ini terpasang di berbagai tempat Kota Martapura.

"Dalam waktu dekat, kami akan laksanakan rapat bersama Pemerintah Daerah (Kabupaten Banjar, red), Bawaslu serta peserta pemilu yang terkait," kata lelaki yang akrab disapa Aziz ini pada bakabar.com saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (9/1) Siang

Seperti tahun sebelumnya, sambung Aziz, kawasan Sekumpul ketika haul memang dibebaskan dari APK.

img

Komisioner Divisi Sosialisasi, Sumber Daya Masyarakat dan Partisipasi Masyarakat, Abdul Muthalib (Aziz). Foto – bakabar.com/Reza Rifani

"Karena memang KPU Banjar sudah mengeluarkan SK 84 tahun 2018 yang secara garis besar, isinya tidak dibenarkan penempatan APK di sekitaran kawasan makam Guru Sekumpul,” tegas Aziz.

Aziz juga menambahkan, pihaknya sudah survei tempat di sepanjang jalan Sekumpul. Ditemukan ada dua APK yang terpasang di jalan tersebut.

"Di rapat akan kami bicarakan terkait APK tersebut. Karena memang pihak panitia haul Abah Guru Sekumpul ke-14 tidak menginginkan adanya APK saat haul berlangsung nanti," jelasnya.

Baca Juga: Warga HSS Sumbang Puluhan Ekor Sapi Untuk Haul Abah Guru Sekumpul

Senada dengan Aziz, Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banjar Fazeri Tamzidillahmenuturkan, pihaknya sepakat dengan tidak adanya APK di sekitaran wilayah Haul Abah Guru Sekumpul ke 14, demi khidmatnya peringatan tersebut.

img

Ketua Bawaslu Kabupaten Banjar, Fazeri Tamzidillah.Foto – bakabar.com/Reza Rifani

"Bagaimana pelaksanaan nantinya, tentu kami akan merapatkan lebih dulu dengan Pemkab Banjar, KPU dan penyelenggara haul, serta pihak yang terkait. Mengingat waktu pelaksanaan haul masih dua bulan lagi," jelasnya.

Sebelumnya, hasil rapat panitia haul Abah Guru Sekumpul yang ke-14 memutuskan untuk membebaskan wilayah Sekumpul dari APK selama peringatan haul pada 9-10 Maret 2019.

Baca Juga: Disperindag Banjar Siap Tampung Ratusan Jemaah Haul Sekumpul, Lihat Alamatnya

Reporter: Reza RifaniEditor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner