Kalsel

Korban Kebakaran Pulau Sebuku Perlu Psikolog

apahabar.com, BANJARMASIN – Bantuan untuk korban kebakaran di Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru, Kalsel terus mengalir. Tak…

Featured-Image
Bakti Kesehatan Bersama Kebakaran di Pulau Sebuku oleh Tim Dinkes Kalsel, Biddokkes Polda Kalsel dan RSUD Ulin Banjarmasin. Foto-Biddokkes Polda Kalsel.

bakabar.com, BANJARMASIN – Bantuan untuk korban kebakaran di Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru, Kalsel terus mengalir. Tak hanya bantuan logistik, namun juga pendampingan penangan kesehatan di sana.

“Selain pendampingan penanganan kesehatan, kunjungan kami juga dalam rangka pemberian bantuan sosial dan obat-obatan,” ungkap Kabiddokkes Polda Kalsel, Kombes Pol dr H Erwinn, Kamis (28/11).

Tim Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) Polda Kalsel tidak sendiri. Tapi bersama anggota Dinkes Kalsel dan RSUD Ulin Banjarmasin

Paket bantuan yang diberikan di antaranya paket Koli Hygiene Kit, Koli Kit untuk bayi baru lahir, PMT Bumil, PMT Balita, Masker dan sejumlah obat-obatan serta pakaian layak pakai. “Tim juga didampingi 4 tenaga dokter yaitu 3 dokter spesialis (anak, paru dan penyakit dalam), serta satu dokter umum,” ungkap Kombes Pol dr H Erwinn.

Sebelumnya, Biddokkes Polda Kalsel juga melakukan kegiatan bakti kesehatan di posko induk pengungsian korban bencana kebakaran Pulau Sebuku. Letaknya tepat di depan kantor Muspika Desa Sei Bali. Mereka melakukan pemeriksaan kesehatan gratis bersama yang dilakukan sehari pasca kebakaran.

Dipaparkan Erwinn, dalam pemeriksaan kesehatan tersebut dapat diketahui bahwa diperlukan adanya tenaga psikolog untuk pemulihan trauma para korban kebakaran. Dalam hal ini dia sudah berkoordinasi dengan Ketua TP PKK Kotabaru.

“Sudah kami koordinasikan dengan tim gabungan bersama Ibu Fatma Said selaku Ketua TP PKK Kotabaru,” kata dia.

Trauma healing oleh psikolog akan dilakukan sepekan dua kali oleh fasilitator Puskesmas Sei Bali. Data terakhir yang dilampirkannya per tanggal 27 November lalu, terdapat sebanyak 129 pengungsi dari 433 jiwa korban kebakaran Pulau Sebuku.

Baca Juga:Duta Mall Peduli Pulau Sebuku, Dari Konser Amal Hingga Lelang Jersey Barito Putera

Baca Juga:Pemprov Kalsel Salurkan Bantuan Kemanusian Korban Kebakaran Pulau Sebuku

Reporter: Musnita Sari

Editor: Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner