Hiburan

Konser di Kalsel November Ini, Iwan Fals Pulang ke Kampung Sang Kakek

Sang legenda hidup Iwan Fals akan menggelar konser di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, pada 25-27 November 2022.

Featured-Image
Musisi senior Iwan Fals merilis single 'Kanjuruhan' untuk mengenang tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan. Foto-Bola

bakabar.com, BANJARMASIN - Sang legenda hidup Iwan Fals akan menggelar konser di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, pada 25-27 November 2022.

Jika terealisasi, maka pelantun tembang "Bento" tersebut memastikan pulang kampung (pulkam) ke tanah kelahiran sang kakek.

Baca Juga: Berdarah Banjar, Kakek Iwan Fals Ulama Terkemuka di Banjarmasin?

Pasalnya, Iwan Fals sempat mengaku berdarah Banjar. Hal tersebut disampaikan Iwan Fals dalam sesi wawancara dengan eks Jurnalis Rolling Stone, Soleh Solihun, September 2021 lalu.

“Masih ada saling meledek dan sebagainya. Misalnya saya kan campuran, ada Arab, China, Bali, Jawa, Sumatera, Sunda dan Banjarmasin-Kalimantan,” ucap Iwan Fals.

Baca Juga: Blakblakan! Musisi Iwan Fals Ngaku Keturunan Banjarmasin Kalsel

“Kalau istri saya ada Deli, Batak, Betawi, Jerman, Belanda, Kediri. Lo bayangin Cikal dan Raya. Tapi yang kita nyanyikan apa? Indonesia Tanah Airku, Tanah Tumpah Darahku,” sambungnya.

Salah seorang penggemar Iwan Fals mengungkapkan, jika kakek Iwan Fals berasal dari Martapura, Kabupaten Banjar.

“Ya, kai sidin urang Martapura [Kakek beliau orang Martapura],” ucap salah seorang penggemar Iwan Fals kepada bakabar.com via WhatsApp, Minggu (12/9/2021) silam.

Baca Juga: Menilik Silsilah Iwan Fals di Tanah Banjar, Sang Kakek Asal Martapura?

Masih menurut penggemar, pernyataan itu dikeluarkan Iwan Fals ketika dirinya berkunjung ke kediaman sang idola di Desa Leuwinanggung, Cimanggis, Depok, 2018 silam.

“Waktu bercerita dengan saya dahulu seperti itu. Tiga kali saya ke rumah beliau di Leuwinanggung,” kenangnya.

Kendati demikian, ia tak bisa menyebutkan secara detail jejak langkah kakek Iwan Fals di Banua khususnya Martapura.

“Untuk di Martapuranya tak tahu. Itu sekilas saja. Kalau tidak salah kakek beliau atau kakek dari orang tua beliau keturunan Arab,” pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner