Kalsel

Kongres V di Kendari: DPW PAN Kalsel Dukung Zulkifli Hasan Dua Periode

apahabar.com, BANJARMASIN – DPW PAN Kalsel mendukung penuh sang incumbent Zulkifli Hasan pada Kongres V PAN…

Featured-Image
Bentuk dukungan DPW PAN Kalsel untuk Zulkifli Hasan di Kongres V di Kendari. Foto-Instagram @muhidin.

bakabar.com, BANJARMASIN – DPW PAN Kalsel mendukung penuh sang incumbent Zulkifli Hasan pada Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, 10-12 Februari 2020.

Dukungan itu disampaikan Ketua DPW PAN Kalsel, H Muhidin melalui akun resmi instagram @Muhidin.

“Sukseskan Kongres V Partai Amanat Nasional, Kendari 10-12 Februari 2020. Bersatu meraih kemenangan. Zulkifli Hasan #Lanjutkan2Periode,” tulis akun @Muhidin.

Saat dikonfirmasibakabar.com, Muhidin belum memberikan jawaban resmi terkait kiriman di instagram tersebut.

“Maaf, saya lagi ada di acara ini,” ungkap Muhidin mengakhiri sambungan via whatshapp.

Berdasarkan informasi yang dihimpunbakabar.com, terdapat empat bakal calon yang memperebutkan kursiKetua Umum PAN2020-2025.

Mereka adalah Zulkifli Hasan, Mulfachri Harahap, Asman Abnur, dan Dradjad Wibowo.

Berikut profil singkat empat calon ketua umum PAN tersebut dikutip daridetik.com:

  1. Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasanadalah ketua umum petahana yang kembali maju di Kongres Kendari.

Zulkifli Hasan saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua MPR2019-2024. Dilihat dari situs resmi DPR, Zulkifli Hasan tercatat pernah menjabat sebagai Ketua MPR RI2014-2019. Dia juga pernah duduk sebagai Menteri Kementerian Kehutanan2009-2014.

Pendidikan terakhir Zulkifli Hasan adalah S2 Magister Manajemen Sekolah Tinggi Manajemen PPM Tahun2001-2003.

Salah satu kebijakan Zulkifli Hasan terkait partai yang paling diingat adalah membawa PAN merapat mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wapres Jusuf Kalla pada 2015.

Sebelum mendukung Jokowi, PAN adalah partai pengusung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

  1. Mulfachri Harahap

Mulfachri Harahapadalah salah satu Wakil Ketua Umum PAN2015-2020. Mulfachri saat ini tercatat sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR2019-2024.

Berdasarkan informasi dari situs DPR, Mulfachri pernah menjabat pimpinan Komisi III DPR2014-2019.

Di periode itu, dia juga menjabat Ketua Fraksi PAN DPR. Anggota Dewan Dapil Sumatera Utara I itu juga pernah menjabat Wakil Ketua Komisi III2004-2009.

Saat ini Mulfachri maju Kongres PAN bersama dengan anak Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, Hanafi Rais. Duet ini dijuluki Amien sebagai MH singkatan dari Mewujudkan Harapan.

  1. Asman Abnur

Mantan menteri era Kabinet Indonesia Kerja Presiden Jokowi-Wapres JK ini juga meramaikan pertarungan perebutan kursi PAN-1. Di DPP PAN, dia menjabat Waketum2015-2020.

Asman Abnurmengawali karier politik sebagai anggota DPRD Kota Batam tahun1999-2004. Asman Abnur juga sempat menjabat sebagai Wakil Wali Kota Batam.

Karier politiknya naik ke tingkat nasional. Sejak tahun 2004, Asman Abnur terpilih sebagai anggota DPR RI tiga periode berturut.

Dia menjadi anggota DPR periode2004-2009,2009-2014, dan2014-2019, namun di periode ketiga ini dia tidak menuntaskan jabatan sebagai anggota Dewan hingga akhir.

Sejak 2016, Asman Abnur diangkat Jokowi menjadi MenPAN-RB. Pengangkatan ini setelah PAN merapat mendukung Jokowi-JK.

Dia mundur dari posisi MenPAN-RB pada 2018 setelah desakan terhadap PAN yang dianggap menjadi duri dalam daging pemerintahan Jokowi karena kerap berbeda sikap.

  1. Dradjad Wibowo

Dradjad Wibowodikenal sebagai ‘santri’ Amien Rais. Dradjad saat ini menjabat sebagai anggota Dewan Kehormatan PAN yang diketuai Amien Rais. Dradjad Wibowo terkenal vokal membela Amien Rais.

Dradjad Wibowo tercatat pernah menjadi anggota DPR2004-2009dari PAN. Dia saat itu menjadi Wakil Ketua Fraksi PAN. Dradjad Wibowo juga dikenal sebagai ekonom.

Di Kongres PAN kali ini, Dradjad sudah melakukan pertemuan dan diskusi dengan peserta.

Dia juga mengaku melakukan pendekatan berbeda dengan tidak mengumpulkan massa pendukung dan membuat keramaian menghadapi pemilihan caketum PAN.

Baca Juga:Zulkifli Hasan Ingatkan Anggota Legislatif PAN Jangan Main Proyek!

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner