Haul Abah Sekumpul

Kisah si Goyang Ngebor Inul Daratista yang Diangkat Anak oleh Guru Sekumpul

Sebentar lagi haul ke-18 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjari, atau akrab dikenal dengan Abah Guru Sekumpul bakal digelar

Featured-Image
Pedangdut Inul Daratista yang pernah diangkat sebagai anak oleh Abah Guru Sekumpul. Foto: Net.

bakabar.com, JAKARTA - Haul akbar ke-18 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjari, atau akrab dikenal dengan Abah Guru Sekumpul bakal digelar di Kampung Keramat Martapura Timur, Kabupaten Banjar, pada 26 Januari mendatang.

Ada ragam kisah menarik seputar ulama karismatik asal Kalimantan Selatan ini. Salah satunya kisah beliau yang menangangkat anak dari kalangan selebriti, di antaranya adalah pedangdut Inul Daratista.

Kedatangannya ke Kalimantan Selatan sempat diprotes warga karena berita-berita kontroversialnya soal penampilannya bernyanyi dengan goyangan yang dinilai erotis.

Alih-alih ikut memprotesnya, Abah Guru Sekumpul saat itu malah melakukan hal tak terduga ini, yaitu mengangkat istri Adam Suseno itu sebagai anaknya dan memberikannya nasehat saat mereka bertemu.

Inul kala itu diberi kehormatan bertemu sang tuan guru dan menginap di salah satu rumah warga sekitar. Cerita tersebut dihimpun oleh seorang wartawan sebuah media lokal di Kalsel dalam bukunya berjudul Bertamu ke Sekumpul, yaitu Ahmad Rosyadi.

Rosyadi sering meliput para pejabat, tokoh masyarakat termasuk selebriti yang bertandang ke kediaman Guru Sekumpul di Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Dan salah satu yang termakhtub secara apik adalah kunjungan Inul Daratista kala itu. Sebagaimana postingan seorang warganet di Facebooknya,yaitu Akhmad Zailani pada 26 Januari 2014 dalam sebuah catatan.

“Ini salah satu buku kesukaan saya. Judulnya; BERTAMU KE SEKUMPUL. Sebuah Kenangan Buat Abah Guru. Buku ini ditulis oleh Ahmad Rosyadi, seorang wartawan koran harian Kalimantan Post di Kalsel. Saat Abah Guru masih hidup, saya beberapa kali ingin bertemu beliau. Sayangnya, hingga ulama terkenal Banjar ini wafat, Rabu 10 Agustus 2006 (subuh dini hari sekitar pukul 05.00 Wita), saya tak pernah bertatap muka dengan Al Aalimul ‘Allamah Al ‘Aarif Billah Maulana KH Muhammad Zaini Abdul Ghani." Tulis Akhmad Zailani sebagaimana dilansir dari Tribun.

Dalam bukunya, Inul Daratista, si Ratu Goyang Ngebor termasuk salah satu artis yang beruntung bisa bertemu Abah Guru Sekumpul. Sekalipun kedatangannya ke Kalsel di demo, Inul mendapat kehormatan bertemu Abah Guru, menginap di salah satu rumah di sekitar kompleks Sekumpul. Bahkan ia juga diberikan dinasehati, oleh Sang Kiai.

Editor
Komentar
Banner
Banner