Dishut Kalsel

Kesatuan Pengelola Hutan Kembali Identifikasi Potensi RPH di Bumi Sanggam

apahabar.com, PARINGIN – Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Balangan melalui Seksi Pemanfaatan Hutan kembali melakukan identifikasi potensi…

Featured-Image
Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Balangan melalui Seksi Pemanfaatan Hutan saat melakukan identifikasi potensi Resor Pengelolaan Hutan, beberapa hari lalu. Foto-Istimewa

bakabar.com, PARINGIN – Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Balangan melalui Seksi Pemanfaatan Hutan kembali melakukan identifikasi potensi Resor Pengelolaan Hutan (RPH), beberapa hari lalu.

Identifikasi bertujuan menyediakan data dan informasi terkait potensi hasil hutan kayu, hasil hutan bukan kayu, dan jasa lingkungan. Khususnya, yang terdapat di wilayah RPH. Hal itu dilakukan sebagai bagian upaya menuju KPH Mandiri.

“Kegiatan yang dihelat sejak pertengahan September ini direncanakan akan rampung pada pertengahan Oktober 2019,” ucap Seorang Penyuluh Kehutanan, Karnadi, kepada bakabar.com, Rabu (9/10) siang.

Kegiatan itu dilaksanakan di wilayah RPH Tebing Tinggi dan RPH Halong. Dalam pelaksanaannya dibagi menjadi 2 tim, yakni Kasi Pemanfaatan, KRPH Halong, KRPH Tebing Tinggi dan Penyuluh Kehutanan, serta staf seksi Pemanfaatan Hutan.

Menurutnya, teknis pelaksanaan dilakukan pada 6 jenis tutupan lahan. Di antaranya hutan primer, hutan sekunder, belukar, pertanian lahan kering, pertanian lahan kering campuran, dan perkebunan.

Ia mengungkapkan, luas plot sampling yang digunakan, 20×50 meter. Dengan jarak antar plot sekira 3 kilometer. Plot ukur itu sendiri diambil sebaran jenis pohon yang memiliki diameter minimal 20 sentimeter, serta tinggi total dan tinggi bebas cabang dari pohon tersebut.

“Sehingga bisa diketahui volume dari tegakan. Selain itu, dimasukkan juga potensi HHBK, apabila ada terdapat di dalamnya,” tandasnya.

Baca Juga: Melalui Bimtek, Dishut Kalsel Pasang Badan Dukung Pengembangan Serai Wangi

Baca Juga: KPH Tabalong Siap Uji Kandungan Minyak Sereh Wangi

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner