Tak Berkategori

Kementerian Sosial Calonkan Bupati HSS Menerima Penghargaan Nasional

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati H Achmad Fikry dicalonkan sebagai penerima penghargaan kesejahteraan Lanjut Usia (Lansia) dari Kementerian…

Featured-Image
Bupati Fikry saat berfoto bersama tim verifikasi Kemensos RI. Foto-AHC 01/apahabar.com

bakabar.com, KANDANGAN – Bupati H Achmad Fikry dicalonkan sebagaipenerima penghargaan kesejahteraan Lanjut Usia (Lansia) dari Kementerian Sosial RI, untukketegoriperseorangan atau tokoh nasional.

Bupati Drs H Achmad Fikry menyambut kedatanganTim Verifikasi calon penerima penghargaan kesejahteraan Lanjut Usia (Lansia) dari Kementerian Sosial RI, di Aula Rakat Mufakat Setda HSS pada Kamis (9/5/2019).

Ketua TimAfrinaldi, mengatakan ada empat kategori penghargaan yang dinominasikan tahun ini secara nasional, yakni perseorangan, kelompok, keluarga dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Lansia.

“Untuk kategori perseorangan, baik untuk tokoh masyarakat ataupun tokoh nasional, nasional dalam artian para pimpinan daerah yang memiliki komitmen dalam upaya mensejahterakanpara Lansiadi wilayahnya,” katanya.

Dijelaskan Afrinaldi, beserta tim lainnya akan melakukan peninjauan secara langsung di lapangan untuk verifikasi atau penilaian. Mereka tidak hanya menerima informasi dari Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD)saja, tapi juga akan mendatangi beberapa pihak untuk mendapatkan penjelasan.

Menurut Afrinaldi, usulan calon penerima penghargaan diterima pihaknya sesuai dengan skoringyang diberikan pihak provinsi. Salah satu yang terpilih dinominasikan adalah Bupati HSS. Verifikasi langsung yang dilakukan nantinya untuk menjamin objektivitas penilaian terhadap upaya-upaya yang dilakukan selama ini dan bermuara padamensejahterakanLansia.

Bupati HSSAchmadFikry, dihadapan tim verifikasi menyampaikan beragam kemajuan telah diraih di Kabupaten HSSdalam lima tahun terakhir.

"Angka harapan hidup yang meningkat menjadi 68 tahun begitu pun angka kemiskinan terus menurun hingga terakhir 5,8, tentu ini tak terlepas dari intervensi dari pemerintah daerah,” katanya.

Raihan kemajuan dan beragam penghargaan daerah ini bukan segala-galanya yang ingin dicapai, tetapi berkorelasi dengan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, termasuk para Lansia dengan memberikan jaminan pangan, papan, dan kesehatan mereka.

Para Lansia yang mendapatkan bantuan dari pemerintahan adalah mereka yang tidak mampu atau miskin. Di antara bantuannya adalah Pemkab HSS menggratiskan beras sejahtera.

Bantuan Papan berupa bantuan rumah sejahtera dengan tujuan memberikan tempat tinggal yang layak dan sehat. Yakni, terpenuhi hingga adanya WC di rumah tersebut.

Sedangkan untuk kesehatan para Lansia mendapatkan prioritas layanan kesehatan di fasilitas kesehatan dari tingkat desa hingga RSUDH HasanBasry, Kandangan.

Mereka para lansia boleh mendapatkan pengobatan dari fasilitas kesehatan walaupun kartu BPJSmereka belum selesai dibuat.

"Selain terpenuhinyaketiga kebutuhan dasar tadi juga terpentingnyaada perhatian dan kasih sayang untuk mereka,” katanya.

Di Kabupaten HSSsaat ini terdata ada 1.980 jiwa Lansia yang mendapatkan bantuan Jaminan Hidup (Jadup) senilai Rp225 ribu per jiwa setiap bulan, yang disalurkan secara tunai. Pada tahun 2019, Jadupakan dikembangkan dalam program Kartu Jaminan Hidup (KJH) Lansia.

sementara itu, Bagi lansia yang masih produktif diberikan bantuan Usaha Ekonomi Produktif sehingga mereka bisa mengembangkan usaha dan perekonomian keluarga masing-masing.

Baca Juga:Bupati HSS Gagas Program Ibu Asuh Lansia

Baca Juga:Naik Bus Air ke Desa Tanjung Selor, Bupati HSS Pastikan Jalan Batang Alai ke…

Reporter: AHC 01
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner