Tak Berkategori

Kemenkop Carikan Solusi UMKM Dapatkan Sertifikasi Halal

apahabar.com, JAKARTA – Tarif sertifikasi halal hendaknya tak membebani Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Menteri…

Featured-Image
Ilustrasi UMKM. Foto-Cilacap.info

bakabar.com, JAKARTA - Tarif sertifikasi halal hendaknya tak membebani Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki mengaku, selama ini pemerintah pun terus membahas insentif sertifikasi halaluntuk UMKM. “Lagi kita bahas terus. Kemarin di Ratas (Rapat Terbatas) juga sudah disinggung, karena biaya untuk sertifikasi halal tidak murah, kita lagi cari jalan keluar,” ujar Teten.

Dirinya mengatakan, ada beberapa opsi yang muncul. Di antaranya pemberian subsidi serta kekhususan tarif sertifikasi halal bagi UMKM.

Bagi Teten, tarif tersebut harus sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mengembangkan UMKM. “Ekonomi rakyat ini harus mendapat proteksi oleh negara,” kata dia.

Sampai hari ini, tarif sertifikasi halal belum diputuskan. Padahal Undang-Undang Jaminan Produk Halal (UU JPH) telah disahkan dan diberlakukan sejak Oktober lalu.

Pada kesempatan itu, Teten turut menegaskan, membantu UMKM mendapatkan sertifikasi atau standarisasi usaha merupakan salah satu fokus kementerian. “Jadi bukan hanya mudahkan UMKM dapatkan sertifikat halal tapi juga sertifikasi dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan),” tuturnya.

Demi mendorong UMKM di Tanah Air masuk pasar global, dia melanjutkan, Kemenkop juga berusaha supaya produk UMKM mendapat sertifikat internasional. Teten mengatakan, sekarang sudah ada beberapa pelaku usaha yang mendapatkan sertifikat itu, namun atas inisiatif sendiri.

“Intinya kalau diurus dengan baik, produk UMKM kita unggul sehingga bisa masuk pasar global, Kemenkop berkomitmen permudah mereka dapatkan sertifikat nasional serta internasional,” jelas Teten.

Baca Juga: 2020, Kalsel Genjot Swasembada Daging

Baca Juga:BPH Migas Dukung Penurunan Harga Gas Industri

Baca Juga: Timur Tengah Memanas, Rupiah Berpotensi Melemah Tembus Rp14.000 per Dolar AS

Baca Juga: Emas Berjangka Naik untuk Sesi ke-10 Berturut-turut

Sumber: Republika
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner