Peristiwa & Hukum

Kebakaran Batu Bara di Eks Tambang Kintap Tala Padam, Polisi: Gegara Faktor Alam

Kebakaran yang sempat membakar eks tambang batu bara di Desa Bukit Mulia, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kalsel, akhirnya padam.

Featured-Image
Kebarakan di lahan eks tambang batu bara di Desa Bukit Mulia, Kintap. Foto: dok Damkar pos Kintap

bakabar.com, PELAIHARI - Kebakaran yang sempat membakar eks tambang batu bara di Desa Bukit Mulia, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kalsel, akhirnya padam.

Polisi menyebut kebakaran di eks lahan tambang batu bara itu terjadi karena dampak kemarau panjang.

“Penyebab kebakaran di eks tambang batu bara diduga karena faktor alam, cuaca saat ini sedang kemarau panjang,” kata Kapolsek Kintap Iptu Ahmad Baysory saat dihubungi bakabar.com, Rabu (8/11/2023) siang.

Baca Juga: Warga Terdampak Kebakaran Lahan Batu Bara di Kintap Tala Kembali ke Rumah

Iptu Ahmad Baysory menerangkan, berdasarkan pemantauan di lapangan bersama kepala desa setempat, warga sekitar tidak begitu merasakan dampak keluhan penyebab terjadinya kebakaran batu bara tersebut.

“Dari informasi memang ada satu dua orang saja yang merasakan keluhan karena asap kebakaran batu bara,” ucapanya.

Menurutnya, kebakaran sudah dapat dikendalikan oleh pihak perusahaan yang terus beruupaya melakukan pemadaman dengan menurunkan unit alat berat.

“Pihak perusahaan tanggung jawab melakukan pemadaman, sekarang kebakaran batu bara sudah padam,” ujarnya.

Ia menambahkan, hampir satu pekan lamanya kebakaran batu bara di eks tambang, lantaran proses pemadaman memerlukan waktu melihat lokasi ada di tempat tebing yang curam.

Dari informasi yang dihimpun, kebakaran batu bara di eks tambang tersebut sudah padam sejak kemarin sore. Berkat kegigihan tim pemadam dari perusahaan yang dibantu Damkar Pos Kintap.

Editor


Komentar
Banner
Banner