News

Kebakaran 45 Kapal di Cilacap, Diduga Akibat Kegiatan ABK

apahabar.com, JAKARTA – Diduga akibat ulah Anak Buah Kapal (ABK), 45 kapal di Pelabuhan Wijayapura, Kabupaten…

Featured-Image
Sejumlah kapal masih mengeluarkan asap, sesuai terbakar di Pelabuhan Wijayapura Cilacap. Foto: PRFM

bakabar.com, JAKARTA – Diduga akibat ulah Anak Buah Kapal (ABK), 45 kapal di Pelabuhan Wijayapura, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, hangus terbakar, Selasa (3/5).

Peristiwa kebakaran ini bermula dari ledakan di salah satu kapal yang sedang bersandar di Dermaga Batere sekitar pukul 17.10 WIB.

Selanjutnya api merambat ke kapal-kapal lain yang berdekatan. Api semakin tak terkendali, hinggga meluas ke Dermaga Wijayapura yang merupakan tempat penyeberangan khusus menuju Lapas Nusakambangan.

Polisi masih mendalami dugaan penyebab kebakaran. Namun kuat diduga kuat pemicu kejadian itu adakah kegiatan salah seorang ABK di atas kapal.

“Untuk sementara kami mendapatkan informasi soal percikan api yang dilakukan seorang ABK di salah satu kapal,” papar Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Lutfhi, seperti dilansir CNN, Rabu (4/5).

“Semua informasi itu akan diperdalam. Ini semua untuk membuat terang perkara terkait kebakaran tersebut,” imbuhnya.

Polda Jateng sendiri sudah menurunkan Laboratorium Forensik (Labfor) untuk segera bergerak menyelidiki peristiwa kebakaran tersebut.

Berdasarkan hasil penyelidikan sementara, kebakaran terjadi di empat titik berbeda, “Begitu api mulai berkobar, sejumlah kapal tercerai-berai karena ombak,” jelas Lutfhi.

“Sedangkan kerugian akibat kebakaran hampir mencapai Rp130 miliar dengan jumlah 44 kapal nelayan dan 1 tug boat,” tandasnya.

Belum dipastikan korban jiwa dari kebakaran itu. Namun seorang ABK bernama Yatiman (44) mengalami luka bakar sekitar 25 persen.

Sementara sekitar 40 keluarga yang tinggal di sekitar lokasi titik api, juga harus diungsikan. Proses evakuasi ini melibatkan Basarnas, Satpol PP, Polres, Satlakar, Relawan Pokdar dan warga.



Komentar
Banner
Banner