Banjarmasin Hits

Karhutla di Banjarbaru Capai 540 Hektare Lebih, Ring Satu Terus Dibasahi

Berdasarkan data BPBD Kota Banjarbaru, hingga September 2023 ini, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sudah mencapai 540 hektare. 

Featured-Image
Kalak BPBD Kota Banjarbaru, Zaini saat memadamkan langsung Karhutla di wilayah ring satu. / Zaini for apahabar.com

bakabar.com, BANJARBARU - Penanganan ring satu masih menjadi fokus, setelah luasan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Banjarbaru sudah mencapai 540,2 hektare.

Luasan tersebut dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarbaru hingga September 2023. Tercatat dalam sehari rata-rata terjadi tiga sampai empat kali kejadian. 

"Dari 540,2 hektare lahan yang terbakar, sebagian besar terjadi di Landasan Ulin, Liang Anggang dan Cempaka," ungkap Kalak BPBD Banjarbaru, Zaini Syahrani, Kamis (7/9) siang.

Agar tidak meluas hingga ring satu atau sekitar Bandara Syamsudin Noor, sudah dilakukan langkah antisipasi. Salah satunya melakukan pembasahan terus-menerus melalui pintu irigasi yang dibuka. 

"Pembasahan terus dilakukan di ring satu. Kami bersama BPBD Kalsel dan relawan memompa air dengan menggunakan alkon yang tersedia. Sampai sekarang masih berjalan terus," beber Zaini. 

"Kebetulan lahan di ring satu terdiri dari gambut dan seresah galam yang mudah terbakar. Makanya kami terus melakukan pembasahan yang efektif menekan karhutla," pungkasnya. 

Editor
Komentar
Banner
Banner