Kalsel

Karhutla di Balangan, Regu Avatar Dikerahkan

apahabar.com, PARINGIN – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih menghantui. Di Desa Lajar RT 01, Kecamatan…

Featured-Image
Regu Avatar dari TRC BPBD Balangan saat memadamkan api. Foto-Istimewa

bakabar.com, PARINGIN - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih menghantui. Di Desa Lajar RT 01, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan, api menghanguskan 7 hektar lahan.

Pada karhutla itu, api membabat perkebunan karet,sawit, juga semak belukar.

Regu Avatar dari Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC BPBD) Balangan pun dikerahkan.

Mereka berjibaku selama dua hari menghalau kobaran api agar tidak membesar dan merembet lebih luas. Dalam upaya memadamkan karhutla, mereka bekerja sama dengan anggota Polsek Lampihong, Koramil Lampihong serta masyarakat setempat.

Regu Avatar dari TRC BPBD Balangan yang dipimpin Muhammad Syuhada, Kasi Kedaruratan BPBD Balangan mengatakan, selama 2 hari api mengamuk di hutan dengan menghanguskan sekitar 7 hektar lahan.

“Pada Jumat 30 Agustus kebakaran hutan di Desa Lajar RT 01, Kecamatan Lampihong. Kobaran api dapat dijinakkan pada pukul 16.56Wita dengan kondisi 90 persen," ungkap Syuhada.

“Sabtu 31 Agustus kemarin regu Avatar kembali menyerang menembus perbatasan Kabupaten Balangan dan Kabupaten Tabalong tepatnya di Desa Pulau Ku”u Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong. Di sana lahan yang terbakar 2 hektare perkebunan karet sawit dan semak belukar yang berdiri di lahan gambut,” terangnya

“Regu Avatar terus berjuang menjinakkan kobaran api dibantu anggota Koramil Tanta serta Lampihong, anggota Polsek Lampihong. Dibantu masyarakat setempat api dapat dijinakkan pada pukul 18.08 dengan kondisi 95 persen," pungkas Syuhada

Baca Juga:Membanggakan, Dokter Praktik Mandiri Terbaik Indonesia Ada di Balangan

Baca Juga:Ibu Kota ke Kaltim, Ansharuddin Berharap Orang Kaya Berinvestasi di Balangan

Reporter: Agus Suhadi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner