Kalsel

Karena Kemiri Terbaik, Desa Ketapang Dilirik Investor  

apahabar.com, PELAIHARI – Kabar menggembirakan bagi masyarakat Desa Ketapang, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut. Pasalnya kemiri…

Featured-Image
Bupati Tanah Laut, H Sukamta saat menanam bibit Kemiri di Desa Ketapang. Foto for apahabar.com

bakabar.com, PELAIHARI - Kabar menggembirakan bagi masyarakat Desa Ketapang, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut. Pasalnya kemiri yang dibudidayakan warga setempat itu dilirik investor.

Bahkan CV Agroforestry Indonesia itu kini secara khusus turut melakukan pembibitan kemiri di Desa Ketapang yang sudah masuk tahun ke tiga. Tertariknya investor lantaran jenis kemiri Desa Ketapang ini terbaik se-Indonesia. Bahkan lolos uji laboratorium.

"Saya senang, karena kita menemukan salah satu komoditas andalan yang hilang selama ini dari Tanah Laut, yaitu komoditas kemiri. Kita berharap Desa Ketapang jadi sentra kemiri bagi Tanah Laut," ujar Bupati Tala, H Sukamta saat digelar kegiatan Manunggal Tuntung Pandang di desa itu, Kamis (29/8).

Dalam kegiatan ini bupati sekaligus mencanangkan Bulan Bakti Gotong Royong dengan melakukan penanaman pohon kemiri. Dengan kondisi ini, bupati mendukung kemiri sebagai produk andalan Desa Ketapang.

"Ini merupakan komoditas penting untuk kita, dan bagus jika terus dikembangkan dari segi ekonomi. Nanti kita dukung untuk produk kemiri ini supaya bisa menjadi ciri khas satu desa satu produk," jelasnya.

Untuk pengembangan bibit kemiri sendiri, sebenarnya sudah dilakukan di Kabupaten Tanah Laut di 6 titik. Yakni Desa Telaga, Tirtajaya, dua titik di Desa Ranggang, Tebing Siring dan Desa Martadah.

Sementara menurut Erni Faridah, pengelola pada penyemaian CV Agroforestry Indonesia yang terletak di Banjarbaru, bibit kemiri disemai memerlukan waktu sekitar tiga minggu dan bisa ditanam setelah berusia minimal dua bulan.

"Sedang produksi buah kemirinya, jika sudah berusia sekitar tiga tahun," jelas Erni.

Baca Juga: Bersih-bersih Sampah, Noormiliyani Pungut Sampah di Sungai

Baca Juga: Alfamart Dukung Program Pemkab Batola, Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

Reporter: Ahc14
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner