Kalsel

Kalsel Siapkan Metode Luring dan Daring Ganti Ujian Nasional

apahabar.com, BANJARBARU – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Selatan menyiapkan dua metode pengganti ujian nasional…

Featured-Image
Rapat virtual persiapan pelaksanaan ujian sekolah. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARBARU – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Selatan menyiapkan dua metode pengganti ujian nasional pada 29 Maret-10 April mendatang.

Ujian akhir sekolah akan dilakukan secara luring dan daring dengan menyesuaikan kondisi satuan pendidikan.

“Ujian sekolah mayoritas dilakukan secara daring atau online. Sebagian luring atau offline karena kesukitan internet,” kata Penjabat (Pj) Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, kepada bakabar.com usai melakukan rapat virtual persiapan ujian sekolah di Command Center Setdaprov Kalsel, Kamis (25/3) siang.

Dari 200 satuan pendidikan di bawah kewenangan Disdik Kalsel, ada 194 sekolah yang siap melaksanakan ujian. Sementara 6 sekolah lainnya tergolong baru dan belum memiliki peserta didik di kelas XII.

“Kita berharap walaupun pembelajaran secara daring, tetapi mutu dan kualitasnya sama dengan sekolah langsung,” harap Safrizal.

Untuk menghindari penularan Covid-19, dia memberi arahan agar penerapan ujian sekolah dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari mewajibkan Rapid Test Antigen untuk para guru, melakukan gerakan 3M, hingga mengatur waktu ujian untuk jumlah peserta didik.

“Jadi mayoritas daring, untuk luring sebagian tatap muka juga ada metodologi penugasan,” imbuhnya.

Pola kombinasi ini diharapkan dapat mempermudah para siswa dalam mengikuti jadwal ujian sekolah nanti. Sehingga apabila mengalami kendala, peserta didik dapat memilih metode ujian yang akan diikutinya.

“Yang luring itu campuran. Misalnya ada yang tempat tinggalnya tidak ada sinyal, bisa mengikuti ujian di sekolahnya. Tetapi mayoritas memang daring,” kata Kepala Disdikbud Kalsel, Yusuf Effendi, menambahkan.

Sebagai informasi, ujian sekolah untuk SMA dilaksanakan pada 29 Maret-10 April, ujian sekolah untuk SMK dilaksanakan pada 15 – 27 Maret, serta Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) dilaksanakan pada 29 Maret-9 April.



Komentar
Banner
Banner