Kalsel

Kalsel Siaga Cegah Covid-19 Varian Delta

apahabar.com, BANJARBARU – Varian baru Covid-19 Delta bisa saja menyasar ke Kalimantan Selatan. Makanya Pj Gubernur…

Featured-Image
Pj Gubernur Kalsel, Safrizal saat rapat bersama sejumlah pimpinan instansi. Foto-Humas Pemprov Kalsel

bakabar.com, BANJARBARU - Varian baru Covid-19 Delta bisa saja menyasar ke Kalimantan Selatan. Makanya Pj Gubernur Kalsel, Safrizal menginstruksikan seluruh pemerintah daerah di Kalsel mempersiapkan diri menghalau masuknya Covid-19 varian baru itu.

“Kita sekarang sudah persiapan dan siaga. Saya sudah minta bupati dan wali kota menyiapkan tempat karantina, menyiapkan ketersediaan tempat tidur pasien Covid-19 di rumah sakit, protokol kesehatan terus ditingkatkan, bagi masker dimanapun untuk antisipasi,” ujar Safrizal, Kamis (24/6).

Safrizal bilang, Pemprov Kalsel juga telah membatasi mobilitas Aparatur Sipil Negara (ASN) antar daerah, baik lintas provinsi maupun kabupaten/kota yang memiliki risiko tinggi tertular Covid-19.

“Kalau hanya konsultasi, studi banding tidak usah dulu lah,” katanya.

Saat ini ketersediaan tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) rumah sakit di Kalsel, kata dia, mencapai 30 persen. “Meskipun begitu banua harus tetap siaga untuk mengantisipasi lonjakan Covid-19 varian baru,” ucapnya.

Tidak menutup kemungkinan Covid-19 Delta masuk ke Banua, karena waktu tempuh dari Pulau Jawa ke Kalimantan Selatan yang hanya satu setengah jam dengan menggunakan pesawat.

Kendati begitu, Safrizal juga menyatakan belum mendapatkan laporan apakah varian Delta sudah masuk ke Kalsel atau belum.



Komentar
Banner
Banner