Kalsel

Kalsel Ikuti Peringatan HUT TNI ke-75 Secara Virtual

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan turut serta merayakan hari ulang tahun ke-75 Tentara Nasional…

Featured-Image
Plt Gubernur Kalsel Rudy Resnawan. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

bakabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan turut serta merayakan hari ulang tahun ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Senin (5/10) pagi.

Acara diawali dengan upacara secara virtual yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dari Istana Negara Jakarta.

“Sebagai Panglima Tertinggi TNI, saya menaruh harapan besar dan mendukung transformasi penguatan TNI, ” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Sebagai penjaga utama kedaulatan negara, TNI memiliki andil penting dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945. Kontribusinya tidak hanya melalui operasi militer untuk perang (OMP), tetapi juga melalui operasi militer selain perang (OMSP).

img

Upacara peringatan HUT TNI ke 75 secara virtual di Gedung Mahligai Pancasila. Foto-bakabar.com/Musnita Sari

“Dengan sigap membantu rakyat yang sedang menghadapi bencana alam termasuk pandemi Covid-19, ” lanjut Jokowi.

Rangkaian HUT kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan acara ramah tamah beserta tamu undangan. Tampak hadir di antaranya, Plt Gubernur Kalsel Rudy Resnawan, Plh Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar, Ketua DPRD Kalsel Supian HK, Kapolda Kalsel Nico Afinta, serta jajaran TNI/Polri lainnya.

“Selaras dengan tema HUT ke 75 yaitu sinergi untuk negeri. TNI dan jajaran berkomitmen memberikan yang terbaik serta bersinergitas antara pemerintah dan masyarakat, ” ungkap Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto dalam sambutan yang dibacakan Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah.

TNI dan jajaran, kata dia, ikut berupaya dalam penanganan Covid-19 di Kalsel. Seperti andil dalam melakukan penegakan disiplin, pemberian bantuan santunan kepada masyarakat terdampak, hingga melalui kegiatan donor darah dan terapi plasma konvalesen.

“Ini menjadi fokus kami untuk membantu masyarakat. Hal itu tidak mengurangi makna peringatan hari jadi TNI,” lanjutnya

Di kesempatan yang sama, Rudy Resnawan mengucapkan selamat atas perayaan HUT TNI ke-75.

“Semoga TNI tetap menjadi garda terdepan dalam mempertahankan kedaulatan RI dan tetap merupakan bagian sinergi antara TNI/Polri dan pemerintah serta masyarakat, ” kata Rudy usai kegiatan.

Komentar
Banner
Banner