Sport

Kalahkan Persija, Persipura Keluar dari Zona Degradasi Geser Barito Putera

apahabar.com, BALI – Persipura Jayapura berhasil mengalahkan Persija Jakarta dengan skor tipis 1-2 dalam laga lanjutan…

Featured-Image
Persipura Jayapura berhasil mengalahkan Persija Jakarta dengan skor tipis 1-2 dalam laga lanjutan BRI Liga 1 2021-2022 pekan ke-19, Selasa (11/1) sore. Foto-net

bakabar.com, BALI - Persipura Jayapura berhasil mengalahkan Persija Jakarta dengan skor tipis 1-2 dalam laga lanjutan BRI Liga 1 2021-2022 pekan ke-19, Selasa (11/1) sore.

Dengan torehan tersebut, maka Persipura Jayapura naik ke peringkat 15 klasemen sementara BRI Liga 1 2021-2022 dengan raihan 17 poin dari 19 laga.

Klub berjuluk Mutiara Hitam juga keluar dari zona degradasi menggeser Barito Putera yang turun ke urutan 16 dengan torehan 15 poin dari 18 laga.

Sementara Persija Jakarta masih berada di posisi ke-6 dengan 28 poin dari 19 pertandingan.

Jalannya Pertandingan

PersijadanPersipuraberbalas serangan sejak peluit pertama dibunyikan.

Pergerakan Riko Simanjuntak, sayap Persija, sempat merepotkan lini pertahananPersipura.

Sejurus kemudian Ferinando Pahabol berbalas mengancam lewattendangan yang melenceng dari gawangPersija.

Pada menit kedelapan, pemain muda Alfriyanto Nico melepaskan tembakan ke gawang pertama.

Namun sepakan pemain timnas U-18 Indonesia bisa dijinakkan kiperPersipura, Fitrul Dwi Rustapa.

Melewati menit kesepuluhPersipuraberbalik memegang kendali serangan. Tercatat Mutiara Hitam mendapat beberapa peluang melalui Takuya Matsunaga dan David Rumakiek.

Kartu kuning pertama pada laga ini didapatkan oleh gelandangPersija, Adrianus Dwiki Arya, yang melanggar Matsunaga di lini tengah.

GawangPersijaakhirnya bobol pada menit ke-25. Akselerasi Ferinando Pahabol diakhiri dengan tendangan kaki kiri yang akurat. 1-0Persipuramemimpin.

Tertinggal satu gol,Persijaseolah kesulitanmembangun serangan. Berkali-kali upaya tim Macan Kemayoran dapat dipatahkan para pemainPersipura.

Alih-alih menyamakan kedudukan,Persijajustru harus kembali kebobolan pada menit terakhir babak pertama.

Bermula dari umpan lambung Gunansar Mandowen,Ramiro Fergonzi memberikan umpan matang ke Yevhen Bokhashvili yang tinggal mencocor bola masuk ke gawang.

Skor 2-0 untuk keunggulanPersipuramenutup jalannya babak pertama.

Memasuki babak kedua,Persijayang tertinggal dua gol mengubah pola permainan. Ichsan Kurniawan dimasukkan untuk menambah kekuatan lini tengah.

Pergerakan Riko Simanjuntak pada menit ke-58 nyaris berbuah gol bagiPersija. Hanya saja bola bergulir ke luar lapangan menghasilkan tendangan penjuru.

Persijamembuang peluang emas pada menit ke-60. Kesalahan lini belakangPersipuramembuat bola direbut Makan Konate.Bola laludisodorkan ke kotak penalti menuju Taufik Hidayat.

Sayang bagiPersija, sepakan Taufik yang berdiri bebas justru melenceng dari gawang.

Persijaharus menerima mimpi buruk setelah Dwiki Arya mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-65.

Kalah jumlah pemain,Persijajustru mendapat dua peluang emas beruntun pada menit ke-76. Sundulan Otavio Dutra menerima sepak pojok hanya membentur mistar gawang.

Memasuki 10 menit terakhir pertandingan,skor belum juga berubah.Persipuramasih unggul 2-1.

Persipurayang unggul dua gol menerapkanpossesion playuntuk mempertahankan kemenangan.

Persijasempat memperkecil ketertinggalan melalui pemain anyar, Makan Konate. Menerima bola liar hasil tendangan bebas Maman Abdurahman, Konate melesakkan bola pada menitinjury time.

Gol Konate menjadi penutup laga ini.10 pemainPersijatakluk 1-2 dariPersipuraJayapura.

SUSUNAN PEMAIN

Persija(4-3-3):Andriyany Ardhiyasa; Marco Motta, Ikhwan Ciptady, Maman Abdurahman, Novri Setiawan; Ahmad Bustomi, Adrianus Dwiki Arya, Makan Konate; Riko Simanjuntak, Alfriyanto Nico, Marko Simic.

Pelatih:Angelo Alessio

Persipura(4-4-2):Fitrul Dwi Rustapa; David Rumakiek, Donni Monim, Brian Fatari, Muhammad Tahir; Nelson Alom, Takuya Matsunaga, Yohanes Pahabol, Gunansar Mandowen; Ramiro Fergonzi, Yevhen Bokhashvili.

Pelatih:Alfredo Vera



Komentar
Banner
Banner