Kalsel

Kalah di PSU, Tim Pemenangan Klaim Kemenangan Ibnu-Ariffin di Pilwali Banjarmasin

apahabar.com, BANJARMASIN – Tim Pemenangan Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 2 Ibnu Sina-Arifin Noor mengklaim kemenangan…

Featured-Image
Tim pemenangan klaim kemenangan Ibnu-Ariffin di Pilwali Banjarmasin. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Tim Pemenangan Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 2 Ibnu Sina-Arifin Noor mengklaim kemenangan di Pilwali Banjarmasin pada Rabu (28/4).

Hal ini setelah pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) berlangsung. Dari sana, Paslon Ananda-Mushaffa Zakir mengejar ketinggalan suara sehingga Ibnu-Ariffin hanya unggul sekitar delapan ribu pemilih.

“Kita bersyukur bahwa PSU ini sudah dilaksanakan, meskipun hasilnya jumlah keseluruhan, tetap kemenangan di pihak kita. Semua itu adalah kemenangan warga Kota Banjarmasin,” ujar Ketua Tim Pemenangan Paslon 02, Bambang Yanto.

Bambang juga mengatakan, bahwa hasil yang mereka keluarkan bisa dipertanggungjawabkan.

Dengan demikian, pihaknya tinggal menunggu penetapan dari KPU dalam beberapa hari ke depan.

Walaupun sebenarnya, pada penyelenggaraan PSU, paslon yang mereka usung mengalami kekalahan. Jumlahnya pun menurut Bambang tidak terlalu jauh, yakni hanya sekitar 1500 suara.

Pasalnya Jumlah di 9 Desember kemarin sekitar 6500 suara. Setelah PSU jumlah suara yang diperoleh paslon nomor urut 2 jadi sekitar 5000.

Akan tetapi, jika diakumulasi secara keseluruhan mereka masih unggul sekitar 8.000 suara se kota Banjarmasin.

Karena itulah, ia berharap bahwa kemenangan yang diraihnya melalui QC tersebut bisa ditindaklanjuti sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Harapan kita mudah-mudahan kemenangan ini bisa ditindak lanjuti sesuai aturan yang berlaku, selanjutnya kita serahkan ke pihak KPU untuk bisa menetapkan atas kemenangan paslon nomor urut 2 ini,” tuturnya.

Diketahu saat ini seluruh kotak suara dari 3 Kelurahan, di Kecamatan Banjarmasin Selatan yang PSU, sudah berada di kantor kecamatan.

Jeda waktu pun tentunya ada, sebab pada Kamis,29/04/21 besok rencananya baru akan melaksanakan penghitungan surat suara.

Pihaknya mempercayakan sepenuhnya kepada pihak penyelenggara PSU, namun pihaknya pun ujar Bambang juga bakal turut melakukan pengawasan.

“Kita juga ada mekanisme dari tim kita bahwa semuanya itu juga kita serahkan ke KPU serta Bawaslu. Cuma kita juga tetap melakukan pengawasan. Bagaimana pun ini supaya hal-hal yang tidak diinginkan, itu tidak terjadi,”pungkasnya.

Dihimpun dari hasil survei memperlihatkan paslon AnandaMu mampu memperoleh suara 11.837 suara di seluruh TPS PSU yang ada di Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Rinciannya, Kelurahan Basirih Selatan dengan 3991 suara di 28 TPS. Kelurahan Mantuil 4483 suara dengan 29 TPS, dan Murung Raya 3360 suara dengan 23 TPS.

Sedangkan paslon nomor urut 2 Ibnu-Ariffin hanya meraih 5018 suara di tiga kelurahan tersebut. Rinciannya, Kelurahan Mantuil 1829 suara, Basirih Selatan 1797 suara, dan Murung Raya 1392.

Menyusul di urutan ketiga, Khairul Saleh-Habib Muhammad Ali Alhabsyi dengan 573 suara. Terakhir adalah paslon nomor urut 01, Haris Makkie-Ilham Noor dengan 412 suara.



Komentar
Banner
Banner