Pemkab Banjar

Kabupaten Banjar Kini Punya 7 Perahu Ambulans, Perluas Pelayanan Kesehatan

Kabupaten Banjar kini punya tujuh perahu mesin yang dioperasikan sebagai ambulans.

Featured-Image
Perahu ambulans untuk tujuh puskesmas di Kabupaten Banjar. Foto-MC Banjar

bakabar.com, MARTAPURA - Kabupaten Banjar kini punya tujuh perahu mesin yang dioperasikan sebagai ambulans. Perahu tersebut telah diresmikan Selasa (29/8/2023) di Desa Dalam Pagar Ulu Kecamatan Martapura Timur.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjar, Yasna Khairina mengatakan perahu ambulans tersebut guna memberikan pelayanan kesehatan lebih maksimal bagi masyarakat di wilayah perairan yang sulit dijangkau melalui jalur darat.

"Selain untuk antar jemput pasien, perahu juga dilengkapi peralatan gawat darurat seperti oksigen, peralatan medis, lengkap dengan perawat dan sopirnya," ujar Yasna.

Perahu tersebut dibagikan ke tujuh puskesmas, yaitu Martapura Timur, Martapura Barat, Sungai Tabuk 1, 2 dan 3, Aranio, dan Puskesmas Aluh-Aluh.

Pembelian perahu menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik tahun 2023 Rp 6.2 miliar.

Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyie sangat mengapresiasi atas pencapaian ini. Menurutnya, hal ini bukti nyata komitmen pemerintah daerah dalam memenuhi pentingnya pelayanan kesehatan yang berkualitas untuk masyarakat.

“Kita semua tahu bahwa Kabupaten Banjar memiliki kondisi geografis yang luas, dengan banyaknya wilayah perairan dan seringkali akses ke pusat pelayanan kesehatan menjadi sebuah tantangan," ujar wabup.

"Oleh karena itu, hadirnya tujuh unit perahu ambulans air ini adalah sebuah terobosan inovatif yang akan membantu menjembatani tantangan kondisi geografis ini," sambungnya.

Habib Idrus berharap, dengan adanya ambulans air pelayanan kesehatan akan menjadi lebih lancar, cepat, dan nyaman.

"Saya berpesan agar armada tersebut dijaga dan digunakan sebaik-baiknya sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya," pesannya.

Editor


Komentar
Banner
Banner