Tak Berkategori

Kabupaten Balangan Siap Gelar Festival Tanglong dan Bagarakan Sahur

apahabar.com, BALANGAN – Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Balangan bersama dinas pariwisata setempat siap menggelar Festival Tanglong dan…

Featured-Image
Persiapan Batanglong. Foto-Istimewa

bakabar.com, BALANGAN – Dewan KesenianDaerah (DKD) Kabupaten Balanganbersama dinas pariwisata setempat siap menggelar Festival Tanglong dan Bagarakan Sahur pada malam 21 Ramadanatau dikenal dengan malam Nuzulul Quran.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 malam dari 24 Mei hingga 26 Mei 2019 di Taman Sangam Paringin itu merupakan tradisi budaya masyarakat Kabupaten Balangan.

Wakil Ketua pelaksana kegiatan, Novita Karolina mengatakan, Festival Tanglong dan Bagarakan Sahur dikemas dengan pajangan atau tontonan yang akan dipusatkan di Taman Sanggam.

“Untuk lomba Bagarakan Sahur peserta itu minimal 5 orang dan maksimal 15 orang. Peserta hanya boleh menggunakan alat apapun sesuai kreativitasnya tanpa menggunakan alat musik yang sudah jadi. Untuk durasi tampil itu 5 menit,” ungkap Novita.

Baca Juga: Rotasi Pejabat Administrator dan Fungsional Pemko Banjarmasin

Panitia diharapkan unjuk kreativitas. Dulu tradisi bagarakan sahur menggunakan beragam benda yang bisa menghasilkan bunyi menarik.

Sementara Festival Tanglong peserta dibagi 2, instansi pemerintah dan umum. Untuk instansi bisa dari SKPD, kecamatan, desa, BUMN ,dan BUMD. Sedang umum dari pengurus masjid, langgar, karang taruna dan sekolah.

Tema yang diusung wajib kental bernuansa Islami. Peserta tidak diperkenankan menggunakan bahandasar digital atau sound system.

Dari bagarakan sahur dan batanglong pihaknya juga menyediakan penghargaanyaitu juara 1 sampai 3 dan harapan 1 dan 3. Untuk pendafataran ditutup sampai 23 Mei 2019. Tempat pendaftaran di Dinas Pariwisata Kabupaten Balangan.

“Harapanya dengan kegiatan ini lebih memotivasi semangat dalam memuliakan bulan Ramadan," tutupnya.

Baca Juga: Iptu Sumarna Sempatkan Diri Ajari Anak-anak Mengaji

Reporter: Ahc08
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner