Tak Berkategori

Jumatan di Masjid Al-Karomah Martapura, Kesadaran Masyarakat Terus Meningkat

apahabar.com, MARTAPURA – Dalam pelaksanaan salat Jumat di Masjid Agung Al-Karomah Martapura hari ini, kesadaran jemaah…

Featured-Image
Suasana salat Jumat di dalam Masjid Agung Al-Karomah Martapura, (17/7). Foto-apahabar.com/hendra.

bakabar.com, MARTAPURA - Dalam pelaksanaan salat Jumat di Masjid Agung Al-Karomah Martapura hari ini, kesadaran jemaah terhadap protokol Covid-19 dinilai terus meningkat.

"Kesadaran masyarakat khususnya di Kota Martapura sudah membaik. Kini meningkat menjadi sekitar 65 persen dari sebelumnya hanya 45 persen, di mana saat PSBB di level 60 persen," ujar Sekda Banjar, HM Hilman yang menjabat sebagai Wakil Ketua GTPP Covid-19 Banjar.

Hilman menjelaskan dalam proses menuju adaptasi kebiasaan baru, masyarakat harus tetap produktif dan tetap sehat dengan menerapkan protokol Covid-19.

"Semoga kesadaran masyarakat terus bertambah, sehingga angka kasus dapat ditekan dan ekonomi pun menjadi pulih kembali," pungkas Hilman.

Berdasarkan pantauan bakabar.com pada salat Jumat di Masjid Agung Al-Karomah Martapura, jarak antarjemaah yang sebelumnya cukup rapat kini sudah berjarak satu meter.

Sebagian besar jemaah juga datang mengenakan masker. Di sisi lain, pengawasan dari aparat kepolisian maupun TNI, tidak seketat saat awal-awal masjid dibuka untuk salat Jumat. Jumlah personelnya juga tidak banyak.

Sejumlah bilik disinfektan masih tersedia di pelataran masjid. Namun tidak tampak ada petugas yang memeriksa suhu tubuh jemaah saat ingin memasuki masjid.

Khutbah salat Jumat yang dilakukan oleh KH Hasanuddin dan diimami KH Wildan Salman berlangsung lebih singkat dibandingkan dengan sebelum pandemi.

Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner