Sport

Joko Ribowo Comeback ke Barito Putera, Aditya Harlan Penuh Tanda Tanya

apahabar.com, BANJARMASIN – Setelah Donny Monim, Barito Putera juga memulangkan Joko Ribowo untuk mengarungi Liga 1…

Featured-Image
Setelah melanglang buana ke berbagai klub, Joko Ribowo kembali memperkuat Barito Putera. Foto: Instagram Joko Ribowo

bakabar.com, BANJARMASIN – Setelah Donny Monim, Barito Putera juga memulangkan Joko Ribowo untuk mengarungi Liga 1 musim 2022/2023.

Kepulangan Joko Ribowo diumumkan Barito Putera melalui akun Instagram resmi, Selasa (26/4).

“Sang petualang yang ingat arah pulang! Welcome to the club @joko_ribowo,” demikian keterangan dalam unggahan Barito.

Joko Ribowo terakhir memperkuat PSIS Semarang di Liga 1 musim 2021/2022. Tampil dalam 12 pertandingan atau selama 979 menit, Joko kebobolan 13 gol dan mencatatkan 4 clean sheet.

Sebelumnya kiper kelahiran Demak, 15 Maret 1989 tersebut menjadi bagian Laskar Antasari dalam periode 2014 hingga 2016.

“Alhamdulillah… Di mana bumi dipijak di situlah langit dijunjung,” sahut Joko Ribowo melalui akun Instagram pribadi, seusai resmi dipulangkan Barito.

“Kerja keras lagi untuk menjadi lebih baik. Faktor kekeluargaan dalam Barito Putera memutuskan saya untuk kembali. Mari berjuang sama-sama,” tegasnya.

Kedatangan Joko Ribowo membuat masa depan Adhitya Harlan dalam tanda tanya. Meski sudah berseragam Barito Putera sejak 2012, kiper plontos ini tak lagi menjadi pilihan utama di musim 2021/2022.

Di sisi lain, Barito Putera juga berhasil mengorbitkan Muhammad Riyandi. Alhasil kiper 22 tahun ini selalu menjadi pilihan utama, terutama setelah memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2021.

Kendati demikian, bukan berarti Aditya Harlan tak bisa bersaing di Liga 1. Rumor beredar kalau Aditya dilirik Persija Jakarta.

Rumor ini semakin diperkuat dengan keputusan Persija Jakarta untuk berpisah dengan kiper-kiper pelapis semacam Yoewanto Setya Beny dan Adixi Lenzivio.

Namun lewat sebuah unggahan pribadi, Aditya Harlan mengaku masih berharap melanjutkan karier dan pensiun bersama Barito Putera.

“Still yellow,” tulis Aditya Harlan dengan menambahkan emoticon cinta berwarna kuning yang melambangkan Barito Putera, awal pekan lalu.

Sementara Kurniawan Kartika Ajie sudah dipastikan tersingkir, seiring kedatangan Joko Ribowo. Barito tak memperpanjang masa peminjaman kiper berusia 25 tahun ini dari Arema FC.

Dipinjam di paruh musim kedua Liga 1 2021/2022, Kurniawan Kartika Ajie juga sulit bersaing di bawah mistar gawang. Tampil dalam 3 pertandingan, itu pun selalu kebobolan.

Tambah Penyerang

Selain memulangkan Joko Ribowo, Barito Putera juga menambah amunisi di lini depan dengan mendatangkan Afdal Yusra.

Afdal yang dapat ditempatkan sebagai gelandang serang maupun penyerang tengah, sebelumnya bermain di Liga 2 bersama Sulut United.

“Tambahan amunisi di sektor penyerangan. Striker 23 tahun ini sukses menorehkan 4 gol di Liga 2 musim lalu,” demikian pengumuman yang disampaikan Barito melalui Instagram ofisial.

Pria kelahiran Padang Panjang itu menuntut ilmu sepakbola bersama Semen Padang Junior, kemudian memperkuat Persita Tangerang sejak Februari 2018.

Perjalanan karier Afdal Yusra berlanjut bersama Persikasi Bekasi, Persijap Jepara, PSKC Cimahi, sebelum berlabuh ke Sulut United.



Komentar
Banner
Banner