Hot Borneo

Jembatan Sulawesi II Banjarmasin Bakal Ditutup Sementara, Truk Dilarang Melintas

apahabar.com, BANJARMASIN – Peringatan bagi pengguna jalan kawasan Pasar Lama dan Sungai Jinggah, Kota Banjarmasin. Mulai…

Featured-Image
Jembatan Sulawesi 2 Sungai Jingah, Banjarmasin. Foto-apahabar.com/Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Peringatan bagi pengguna jalan kawasan Pasar Lama dan Sungai Jinggah, Kota Banjarmasin.

Mulai 27 Juli 2022, Jembatan Sulawesi II bakal ditutup sementara. Penutupan untuk melakukan perbaikan infrastruktur jembatan kembar.

"Tanggal segitu baru penutupan sampai selesai pengerjaan," ujar Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Banjarmasin, Dedi Hamdani.

Ia menyampaikan warga hanya dilarang melintas di Jembatan Sulawesi lama. Sedangkan jembatan Sulawesi baru tetap dioperasional untuk pengguna jalan.

Bangunan yang dikelola Dinas PUPR Banjarmasin tersebut bakal dijadikan 2 arah.

"Ya masih bisa difungsikan untuk 2 arah," ucapnya lagi.

Namun larangan melintas untuk angkutan berat, seperti truk tetap ada. Jadinya, kata Dedi, bahwa truk dilarang melintas di Jembatan Sulawesi dan diharap mencari alternatif jalan lain.

"Kalau mobil kecil bisa, kan bisa truk lewat S Parman dan jalan lain," tuturnya.

Diketahui, proyek pembangunan Jembatan Sulawesi itu mulanya mengandalkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang disalurkan Pemerintah Pusat.

Namun, di 2020 pelaksanaan itu batal. Karena dana bantuan dipotong untuk penanganan Covid-19.

Lalu, pada 2021 pemkot kembali mengajukan, tapi dananya masih belum mencukupi. Sehingga pengerjaannya pun dioper ke pengerjaan jalan untuk kawasan tersebut.

Di 2022 ini, proyek pembangunan kembali dilanjutkan. Dengan anggaran sebesar Rp 16 miliar bersumber dari APBD Banjarmasin.

Komentar
Banner
Banner