Kalsel

Jelang Ramadan, Balai Karantina Pertanian Banjarmasin Periksa Kesehatan Hewan Ternak

apahabar.com, BANJARMASIN – Menjelang Ramadan, Balai Karantina Pertanian Banjarmasin melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak dan tumbuhan…

Featured-Image
Balai Karantina Pertanian Banjarmasin melakukan Operasi Patut Terpadu 2021 di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Foto-Bahaudin Qusairi/apahabar.com

bakabar.com, BANJARMASIN – Menjelang Ramadan, Balai Karantina Pertanian Banjarmasin melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak dan tumbuhan yang masuk melalui jalur pelabuhan.

Kegiatan “Operasi Patut Terpadu 2021” dilaksanakan di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin pada Selasa malam (6/4).

Sebelum masuk ke Banjarmasin, dokumen kelengkapan hewan serta tumbuhan harus diperiksa terlebih dahulu.

"Ya, sengaja. Kegiatan kami (dilaksanakan) mendekati Ramadan, Lebaran, Natal dan Tahun Baru," ujar Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Banjarmasin, Nur Hartanto.

Ia menyampaikan tujuan pemeriksaan ini untuk memastikan kebutuhan komoditas tercukupi dan sehat. Juga agar hewan dan tumbuhan bebas dari hama atau penyakit.

Dia mengharapkan masyarakat memiliki kesadaran untuk melaporkan barang bawaannya ke petugas karantina.

"Adapun kegiatan represif akan kita lakukan terhadap pelaku usaha yang melakukan pelanggaran secara berulang," ungkapnya.

Kegiatan Operasi Patuh Terpadu 2021 ini diikuti oleh Kepala Polsek Kawasan Pelabuhan Laut Trisakti, Kepala BKIPM Banjarmasin, dan KSOP Banjarmasin.



Komentar
Banner
Banner