Banjarmasin Hits

Jelang Peralihan Musim, Waspada Perubahan Cuaca Signifikan di Kalsel

Berada pada masa peralihan musim, Kalsel bakal sering diguyur hujan. Banjarbaru waspada perubahan cuaca signifikan akibat kelembaban udara yang tinggi.

Featured-Image
Hujan di depan Balai Kota Banjarbaru beberapa waktu lalu. Foto : apahabar.com/Fida

bakabar.com, BANJARBARU - Wilayah Kalimantan Selatan sedang dalam mode peralihan musim, dari kemarau ke penghujan. Selama masa transisi Banua diprediksi bakal lebih sering diguyur hujan. 

"Awal musim hujan untuk wilayah Kalsel diprakirakan terjadi pada November," kata Ph. Koordinator Observasi dan Informasi, Dedy Supratono, kepada bakabar.com, Selasa (17/10).

Baca Juga: Kapolda Andi Rian: Tak Ada Daerah Rawan Konflik di Kalsel

Pada awal November itu, wilayah Kalsel bagian utara akan mulai diguyur hujan. Hujan mulai mengguyur bagian barat Banua pada pertengahan November dan akhir November di bagian timur dan selatan. 

Sementara akhir-akhir ini, tingginya kelembaban udara ditambah dengan indeks labilitas yang kuat untuk pertumbuhan awan-awan konvektif, dapat menghasilkan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Tapi juga berpotensi disertai kilat dan angin kencang.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang pada siang atau sore hari di wilayah Banjarmasin, Banjarbaru, Barito Kuala, Tapin, Tanah Laut, Kotabaru, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong," ungkapnya.

Baca Juga: Geger! Warga Pasirmas Banjarmasin Temukan Pria Tewas Tergantung di Pohon

Meski berada dalam periode peralihan musim penghujan pada November, dia menekankan jika Kalsel saat ini masih dalam periode musim kemarau.

"Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui website : stamet.syamsudinnoor.bmkg.go.id atau follow instagram @cuacakalsel," ucapnya.

Pernyataan Dedy memang terbukti benar. Saat ini, setelah beberapa bulan kering, sejumlah wilayah Kalsel mulai diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. 

Pada Sabtu (14/10) kemarin, hujan mengguyur Banjarbaru dari sore hingga malam. Sementara di Banjarmasin, hujan lebat disertai angin kencang menyebabkan sejumlah pohon tumbang pada Senin (16/10). Sementara hari ini, setelah sekian lama kemarau, hujan dengan intensitas ringan mulai mengguyur Kabupaten Tanah Bumbu. 

Editor
Komentar
Banner
Banner